pritagizela | Freedom Seeker
Sumenep, Jawa Timur, Indonesia | halal
11 Oct 2022

4109

Lezatnya Soto Selingkuh, Kuliner Khas Sumenep yang Unik dan Patut Dicoba

Soto Selingkuh mungkin memang terdengar asing, namun kenikmatannya tak perlu diragukan lagi

Post Content Soto Selingkuh

Jalan-jalan ke Sumenep belum lengkap rasanya kalo belum cobain kuliner khasnya. Kebetulan beberapa waktu lalu aku jalan-jalan ke Sumenep nih guys dan aku menjelajah satu-satunya keraton di Jawa Timur, yaitu Keraton Sumenep. Puas menjelajah keindahan dan belajar sejarahnya, perjalanan aku lanjutin ke salah satu warung yang menawarkan kuliner khas Sumenep yang cukup populer, yaitu Soto Selingkuh. Hah? Gimana maksudnya? Emang sotonya selingkuh sama siapa? Atau yang makan bisa selingkuh? Atau makannya sama selingkuhan? Ah sudahlah...

Well, soto selingkuh ini emang jadi salah satu kuliner khas Sumenep yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Banyak banget penjual soto selingkuh di kota ini, tapi yang paling rekomended ada di Jalan Dr Wahidin, Lingkungan Delama, Pejagalan, Sumenep. Kebetulan lokasinya juga ngga terlalu jauh dari tempat aku menginap dan bisa jalan kaki juga.

Lezatnya Soto Selingkuh, Kuliner Khas Sumenep yang Unik dan Patut DicobaGang Menuju warung soto

Lokasinya emang agak masuk gang sempit guys, tapi gampang banget dicarinya. Warung ini menempati rumah yang cukup luas dan tempatnya cukup nyaman juga bersih. Banyak tempat buat makan dan ada parkirannya juga. Tapi, kalo kalian bawa mobil mending parkir di depan gang aja.

Soto SelingkuhWarung Sotonya

rumah makan enak di Sumenep

rekomendasi restoran di SumenepAda daftar menunya juga guys

Buat kalian yang mungkin belum familiar dengan kuliner yang satu ini, aku mau ceritain dikit yah. Jadi, Soto Selingkuh ini adalah kuliner soto yang dicampur dengan rumah. Serupa sama rujak soto khas Banyuwangi, tapi ngga sama. Udah dapet pencerahan sampe sini?

Kalau yang di Sumenep ini adalah Soto Babat (atau bisa juga request pake daging) yang ditambah dengan sayur rebus dan timun segar, mirip yang ada di dalam rujak cingur. Agak aneh sih emang, tapi menurutku rasanya enak asal makannya pas kalian lagi laper banget soalnya porsinya super gede, maka kalo kalian lagi ngga laper rasanya kurang afdol.

sot enak di SumenepDisiapin dulu ya ges ya

wisata kulnr SumenepKuah sotonya penuh lemak

Dibandingkan dengan rujak soto khas Banyuwangi, soto selingkuh ini lebih unggul tipis soalnya aku suka sama petis yang digunakan, yaitu petis ikan dan rasanya lebih sedep. Kalo rujak soto khas Banyuwangi punya kuah yang cenderung berwarna kuning, sementara soto selingkuh ini punya kuah berwarna cokelat.

Kuliner Khas SumenepSoto Selingkuh Rp 17.000,-

Ohya, alasan kenapa kuliner ini diberi nama soto selingkuh, yaitu karena selain untuk menarik perhatian pengunjung dan mudah diingat, nama tersebut juga karena rujaknya berselingkuh dengan soto daging sapi. Ada-ada aja ya? Hehehe..

Soto terdekatPorsinya Gede Banget

Level pedes pada sajian ini juga bisa disesuaikan dengan selera kalian guys soalnya bumbu rujaknya harus diuleg dulu pas ada pesenan. Bumbu rujak ini pake kacang yang lumayan melimpah dan sedep banget.

Makanan Khas Sumenep

Ngga Cuma menawarkan menu soto selingkuh, disini kamu juga bisa memesan rujak cingur khas Sumenep, Soto babat dan kaldu kikil. Aku kemaren juga cobain rujak cingur khas Sumenep-nya dan menurut aku sih masih lebih enak rujak cingur khas Pamekasan guys. Hehehe..

kuliner SumenepRujak Cingur Rp 17.000,-

Overall, Soto selingkuh bisa kalian jadikan alternatif kuliner buat kalo lagi jalan-jalan ke Sumenep. Sotonya enak banget dan perpaduan dengan bumbu rujaknya bisa bikin ketagihan. Selamat mencoba.

Video by GoTravelly

Opening Hours Soto Selingkuh
09.00 - 20.30
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data