pritagizela | Freedom Seeker
Sumenep, Jawa Timur, Indonesia | Hiking & Trekking
26 Aug 2022

59721

Wisata Sejarah di Keraton Sumenep, Satu-Satunya Keraton di Jawa Timur

Keraton Sumenep merupakan satu-satunya keraton yang ada di Jawa Timur dan memiliki sejarah panjang sejak zaman kerajaan

What to Do Keraton Sumenep

Hai guys, jalan-jalan ke Sumenep lagi yuk. Beberapa waktu lalu, aku sempet bahas soal salah satu wisata di Kota Sumenep, yaitu Alun-Alun Sumenep dan salah satu hotel rekomended disana, yaitu de Bhagraf Hotel. Nah, ngga jauh dari situ, ternyata juga ada salah satu wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Keraton Sumenep.

Wisata Sejarah di Keraton Sumenep, Satu-Satunya Keraton di Jawa Timur

Untuk masuk kesini, setiap pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja. Harga yang cukup terjangkau untuk berwisata edukasi. Lalu, ada apa aja ya guys disini?

Keraton Sumenep ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer karena memiliki nilai historis yang dijaga secara turun temurun sampai saat ini. Ngga heran kalo banyak wisatawan dari luar kota yang datang ke keraton yang merupakan satu-satunya di Provinsi Jawa Timur ini.

Keraton SumenepGerbang Masuk Keraton

wisata sejarah di Sumenep
Lonceng untuk pemberitahuan adanya tamu

Keraton Sumenep ini dulunya dikenal sebagai Karaton Pajagalan dan dibangun di atas tanah pribadi milik Penembahan Somala, penguasa Sumenep XXXI. Arsitek keraton ini merupakan seorang berkebangsaan Tiongkok, bernama Louw Phia Ngo. Ia memadukan gaya arsitektur Islam, Eropa, Jawa dan Tiongkok. Bangunan keraton ini terdiri dari bangunan induk keraton, Taman Sare dan Ladang Museum. Di setiap ruangan keraton ini terpajang berbagai benda yang menjadi saksi kekuasaan dan keberadaan Museum Keraton. Di museum ini juga tersisa pemandian putri Keraton Sumenep yang disebut sebagai Taman Sare.

wisata SumenepMasuk Taman Sare

Taman Sare ini merupakan tempat pemandian puteri keraton zaman dulu. Ada sumber alami yang muncul di kolam ini guys, makanya airnya ngga pernah surut. Nah, kolam ini sekarang dihuni oleh ikan-ikan yang jumlahnya banyak dan ukurannya gede-gede. Konon, kalo ada yang cuci muka di kolam ini katanya sih bisa awet muda. Percaya ngga percaya sih guys..

tempat wisata di Sumenep

wisata Sumenep
Cobain Cuci Muka Disini guys biar awet muda wakakak

Next, perjalanan berlanjut ke aula yang ada di bagian depan. Aula ini dipenuhi dengan kursi kuno dengan ukiran yang cantik dan masih awet hingga saat ini. Aula ini masih digunakan sampai saat ini untuk acara-acara penting Pemerintah Kabupaten Sumenep.

obyek wisata Sumenep

wisata terkenal di Sumenep

Selain itu, ada bagian museum yang sayangnya saat itu belom buka, jadinya aku ngga bisa masuk guys. Padahal, dalemnya cukup beragam koleksinya, seperti tempat tidur, lemari dan peralatan kesultanan lainnya yang masih terjaga sampai saat ini.

wisata terdekat
rekomendasi wisata Sumenep

Ohya, di bagian depan museum ini juga ada kereta kencana dengan ukiran khas Madura yang unik banget. Kereta kencana ini juga terkadang masih digunakan oleh bupati Sumenep jika ada acara-acara penting. Menarik juga sih..

wisata terdekat

Tempat wisata Sumenep

wisata hits di Sumenep

Overall, Keraton Sumenep ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi buat kamu yang pengen tahu sejarah satu-satunya keraton yang ada di Provinsi Jawa Timur.

How to Get There Keraton Sumenep

Keraton Sumenep ini lokasinya berada di Jalan Dr Sutomo No 6, Kota Sumenep. Sebenernya lokasi keraton ini ada di pusat kota dan bisa dijangkau dengan berbagai transportasi. Tapi, saran aku sih mending kalian naik kendaraan pribadi aja ya ges yaa. Lokasi keraton ini ada tepat di belakang Alun Alun Sumenep.

Tips and Trick Keraton Sumenep

Nah, sebelum berkunjung, berikut ini adalah hal yang harus kamu perhatikan.

  • Tetap taati protokol kesehatan
  • Jaga kebersihan.
  • Pakai pakaian yang sopan.
  • Keraton buka mulai jam 08.00 – 15.00
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data