emyharyadi_
emyharyadi_ | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Festivals
3.19 K0

Warna - Warni Surabaya Vaganza 2023, Meriah!

Ada konsep baru dalam parade bunga dan budaya Surabaya tahun 2023 ini. Hari jadi kota Surabaya makin seru nih!
What to Do
  • Sesi Pertama Surabaya Vaganza 2023
  • Siang itu, sekitar pukul 13.30 WIB di depan Tugu Pahlawan Surabaya terlihat delman yang telah dihias oleh rangkaian bunga berjajar rapi. Setiap delman yang berderet di sana akan menjadi kendaraan yang akan dinaiki oleh para pejabat publik ketika Surabaya Vaganza 2023 dimulai.  Pada salah satu delman terlihat sebuah nama yang cukup terkenal dikalangan masyarakat Surabaya, yakni Eri Cahyadi selaku wali kota.

    mobil peserta surabaya vaganza 2023
    surabaya vaganza 2023

     

    Meski acara belum resmi dimulai, namun terlihat banyak masyarakat memadati lokasi yang menjadi titik dimulainya Surabaya Vaganza 2023, yakni Tugu Pahlawan. Berada di depan gedung pemerintah provinsi Jawa Timur, terdengar lantunan musik dari musisi yang menghibur masyarakat sembari menanti acara dimulai.

    Sama seperti Festival Rujak Uleg atau Night at the Museum, Surabaya Vaganza juga dimulai pada waktu yang molor. Mundur sekitar 30 menit, dari rundown acara yang telah di publikasikan.

    Sekitar pukul 15.30 WIB pemandu acara mulai memberi aba-aba dengan melambaikan sebuah bendera kecil tanda parade bunga dan budaya Surabaya telah dimulai. Perlahan-lahan kendaraan yang telah siap pun mulai berjalan.

    Beberapa kendaraan yang melaju dalam rute parade ini datang dari berbagai macam instansi pemerintahan hingga perusahaan ternama. Beberapa perusahaan yang berpartisipasi dalam acara tersebut, seperti Kapal Api, Sier, BNI, BRImo, Mandiri, Pakuwon, dll.

    mobil kapal api hias di parade bunga dan budaya
    peserta mobil hias dari kapal api di parade bunga surabaya 2023

    Di acara Surabaya Vaganza 2023 ini tidak hanya menampilkan deretan kendaraan yang telah dihias dengan rangkaian bunga-bunga saja. Melainkan pesta rakyat ini juga menghadirkan beragam penampilan mempesona dari para komunitas budaya lain yang ada di kota Surabaya.

    peserta surabaya vaganza
    peserta parade bunga dan budaya surabaya 2023

    • Sesi Kedua Surabaya Vaganza 2023 Light Parade

    Jika sebelumnya di sesi pertama yang masuk ke dalam rangkaian agenda dari Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 730 ini menampilkan parade bunga dan budaya. Pada malam hari lanjutan dari acara yang dimulai sekitar pukul 19.00 WIB light parade menjadi puncaknya.

    Light parade atau parade lampu dan lampion yang masuk ke dalam sesi kedua dari Surabaya Vaganza 2023 ini, menjadi salah satu acara pembeda dari tahun sebelumnya. Hal yang menjadi pembeda adalah penampilan dari para peserta parade Surabaya Vaganza 2023. Mereka yang mengikuti acara di malam hari, memberikan penampilan dengan balutan lampu-lampu hias.

    suasana malam hari di surabaya vaganza 2023
    masyarakat menantikan karnival berjalan di parade surabaya vaganza 2023 

    Alhasil, pusat kota Surabaya malam itu (27/5) terlihat terang dengan gemerlapan cahaya lampu dan lampion dari iring-iringan karnival. Iring-iringan kendaraan berhiaskan lampu lampion hingga atraksi kesenian yang bersifat teatris meramaikan suasana di malam hari.

    Ada beragam penampilan dari perwakilan pelajar, instansi, serta komunitas. Masing-masing dari mereka menampilkan keunggulan dari yang mereka miliki. Misalnya, marching band, barongsai, dan tarian daerah hingga.

    Semakin malam, antusias para masyarakat yang menonton parade bunga dan budaya kota Surabaya tersebut, terasa semakin tinggi. Terlihat beberapa masyarakat yang mulai ingin menjangkau area yang menjadi rute dari karnival.

    Meskipun di kedua sisi jalan telah dipasang barikade, beberapa dari masyarakat menerobos pembatas tersebut. Alhasil tidak sedikit masyarakat yang sulit untuk ditertibkan. Yah tapi, mau bagaimana lagi ya kan?

    Menurut aku acara Surabaya Vaganza 2023 malam itu cukup meriah. Meski ada berbagai kendala dari rangkaian acara yang terlihat, namun sepertinya acara berjalan dengan baik hingga akhir.

How to Get There

Jika kamu ingin turut memeriahkan festival dalam rangkaian acara Hari Jadi Kota Surabaya, kamu harus mencari tahu lokasi diselenggarakannya acara tersebut. Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan Goggle Maps untuk memandumu, dan ada banyak pilihan transportasi kota Surabaya yang dapat kamu gunakan juga.

Tips and Trick

  • Pastikan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan nyaman
  • Pakai alas kaki yang nyaman untuk digunakan selama berpartisipasi dalam festival
  • Bawa air minum atau camilan
  • Siapkan cash agar mempermudahmu 
  • Selamat bersenang-senang di kota Surabaya! 
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data