emyharyadi_
emyharyadi_ | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Museum
3.51 K0

Kilas Balik dari Pewarta Foto Indonesia

foto pewarta indonesia

Memperingati hari jadi kota surabaya yang ke-730, Anugerah Pewarta Foto Indonesia mengadakan pameran di Alun - alun Surabaya. banyak potret dari para pewarta yang ditampilkan dalam pameran ini.
What to Do

Menjadi rangkaian acara untuk memperingati hari jadi kota Surabaya yang ke-730. Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) mengadakan pameran di alun-alun kota Surabaya. Anugerah Pewarta Indonesia (APFI) merupakan salah satu ajang bergengsi bagi insan pewarta. Perayaan ulang tahun kota Surabaya akan dilakukan selama satu bulan yaitu selama bulan Mei. Festival rujak uleg menjadi awal pembukaan untuk memulai event lainnya yang berkaitan dengan ulang tahun Surabaya, salah satunya adalah Pameran Pewarta Foto Indonesia yang ikut meramaikan acara hari jadi kota Surabaya, dilanjutkan dengan masak besar dengan chef arnold, bobon dan para komika. di pameran APFI ada sebanyak 20 foto tunggal dan 15 foto esai ditampilkan dalam acara pameran pewarta foto Indonesia di ruang bawah tanah Alun – alun Surabaya, Jawa Timur.

Suasana hari itu cukup ramai karena ada event anak sekolah yang diadakan di Alun – Alun Surabaya. Jadi aku berjalan cukup jauh untuk mencari parkiran motor. Karna parkir di sebrang jalan, aku masih harus jalan 100 meter lagi untuk bisa sampai di lokasi. Setelah sampai di lokasi, aku naik eskalator yang mengarah ke ruang bawah tanah untuk menyaksikan pameran pewarta foto Indonesia. pameran mulai dari tanggal 12 Mei - 18 Mei 2023. ini adalah foto eskalator yang mengarah ke ruang bawa tanah.

foto pewarta indonesia
terlihat suasana yang begitu ramai dari ruang bawah tanah

Sampai di ruang bawah tanah, aku disuguhkan beberapa karya foto dari pewarta yang mendapatkan nominasi photo of the year yaitu dari korban gas air mata tragedi Kanjuruhan karya dari Guslan Gumilang. terlihat potret mata merah salah satu korban tragedi sepak bola di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

hari jadi kota surabaya
Photo of the year - Guslan Gumilang

Selanjutnya ada karya Faizal Fanani yang masuk nominasi foto tunggal terbaik dari kasus rekontruksi kematian Brigadir Joshua. terlihat potret Ferdi Sambo dengan sang istri Putri Candrawathi yang sedang menjalani proses rekontruksi pembunuhan berencana dari brigadir Joshua.

ulang tahun surabaya 2023
Foto tunggal terbaik - Faizal Fanani

Selanjutnya, nominasi foto tunggal dengan judul kirab obor malam takbiran karya dari Arief Budiman. potret jemaah masjid darussalamah menyemburkan api saat mengikuti kirab obor malam takbiran di Kota Solo, Jawa tengah.

pameran foto pewarta indonesia
Foto Tunggal - Arief Budiman

Selain itu, ada foto dari Zikri Maulana yang berasal dari Citizent Journalist menampilkan banjir putus akses jalan di Rohingya. terlihat potret etnis rohingya yang sedang berjalan ke tempat penampungan sementara setelah perahu kayu yang mereka tumpangi terdampar di Pantai Bluka, Teubai, Kabupaten Aceh Utara.

pameran foto pewarta indonesia
Foto tunggal terbaik - Zikri Maulana

Masih di nominasi foto tunggal terbaik, ada salah satu karya yang menarik perhatian saya, yaitu karya dari seorang freelance bernama Fachrul Reza. terlihat potret dari seorang pekerja yang menyedot tumpahan minyak biosolar di pesisir desa Hagu Selatan, di kota Lhokseumawe, Aceh, 24 April 2022. Tumpahan minyak tersebut diakibatkan adanya kebocoran pada bagian lambung kapal pengangkut minyak Sea Chest kapal MT Aerosea Catalina yang sedang menyalurkan bahan bakar ke IT Pertamina Lhokseumawe sehingga menyebabkan 1 ton solar merembes ke laut.

alun-alun surabaya
Foto tunggal terbaik - Fachrul Reza

Selain sebagai tempat pameran pewarta foto Indonesia, di sana juga sebagai tempat penyimpanan barang-barang kuno seperti meja tempat para pejabat berkumpul, gelas-gelas yang mereka gunakan, dan lain sebagainya. 

foto pewarta indonesia
Barang kuno yang digunakan oleh sosialita

foto pewarta indonesia
Salah satu barang kuno yang disimpan di ruang bawah tanah.

overall, menurutku pameran pewarta foto Indonesia di Surabaya cukup menarik perhatianku, apalagi melihat photo of the year yang ditampilkan paling besar dari foto-foto yang lain, sedikit merinding karna terlihat mata merah dari korban Stadion Kanjuruhan, Malang. para pewarta, selain menyampaikan informasi mereka juga pandai mengambil gambar - gambar dari angle yang berbeda dan tentunya cukup menarik perhatian masyarkat awam seperti saya. semoga pameran ke depannya semakin sukses dan makin keren foto - fotonya.

How to Get There

Kalau kamu ingin berkunjung ke Alun - Alun Surabaya, langsung aja deh buka maps. Titik lokasi yang ada di maps cukup pas dan sangat mudah untuk diikuti. oh iya, kalau kamu ke sini, kamu cukup bayar parkir aja sebesar Rp. 5000.-

Tips and Trick foto pewarta indonesia

buat kamu yang ingin berkunjung aku saranin bawa kamera deh, karena di Alun - Alun Surabaya, kamu bisa menemukan banyak spot foto yang menarik dan instagrameble.

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data