Effida | Freedom Seeker
Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia | Rafting
02 Dec 2022

8437

Mencoba Serunya River Tubing Sungai Oyo, Bikin Ketagihan!

Nggak hanya cave tubing, aku juga nyobain sensasi serunya river tubing di Sungai Oyo, lho! Simak keseruannya yuk!

What to Do river tubing sungai oyo

Setelah puas nyobain sensasi cave tubing di Goa Pindul, aku lanjut buat nyobain keseruan lainnya yakni river tubing di Sungai Oyo. Masih menggunakan guide dan agen wisata yang sama yakni “Tunas Wisata”, aku mencoba untuk mengambil paket selanjutnya yakni river tubing. 

Jika cave tubing di Goa Pindul dibandrol dengan harga Rp 35.000,-, tetapi river tubing di Sungai Oyo ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal yakni Rp 60.000,-. Harga yang ditawarkan sebanding dengan keseruan sensasi river tubing. Fasilitas yang ditawarkan juga sudah cukup lengkap mulai dari adanya guide, ban, pelampung, hingga kendaraan menuju ke sungai ini juga sudah termasuk ke dalam paket wisata. Pengunjung akan dibawa menyusuri sungai dengan arus yang deras dan menantang. 

river tubing sungai oyo

perjalanan menuju ke Sungai Oyo menggunakan mobil bak terbuka

river tubing sungai oyo

perjalanan menuju ke Sungai Oyo menggunakan mobil bak terbuka

Berangkat dari basecamp Goa Pindul, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan mobil bak terbuka. Perjalanan menuju ke Sungai Oyo memakan waktu kurang lebih 10 menit. Segarnya udara di sepanjang perjalanan dan indahnya pemandangan di kanan kiri jalan tentu sangat memanjakan mata.

river tubing sungai oyo gunung kidul

guide (pemandu wisata)

Setibanya di tempat parkir Sungai Oyo, pengunjung akan langsung mendapat penjelasan dari guide mengenai rencana perjalanan, hingga beberapa tips aman saat melakukan tubing. Bapak guide lokal ini sangat informatif dan jelas saat memberi pengarahan. 

tubing gunung kidul  rafting gunung kidul

perjalanan dari tempat parkir menuju ke Sungai Oyo

Nah setelah mendengarkan semua arahan pemandu, pengunjung lanjut melewati jalanan yang licin dan menantang untuk turun ke sungai. Karena aku datang saat musim hujan, maka nggak heran kalau jalannya sangat berlumpur dan membuat beberapa orang terjatuh. Tapi hal tersebut tentu tidak menyurutkan niat kami, justru menjadi hal seru yang cukup menguji adrenalin, asik banget!

river tubing sungai oyo

tiba di Sungai Oyo, pengunjung harus menyebrang setengah sungai untuk memulai tubing

river tubing sungai oyo

mulai turun ke ban masing-masing

Nah, setelah turun ke tengah sungai, barulah kami diarahkan untuk menaiki ban masing masing. River tubing kali ini dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompoknya terdiri dari 7 hingga 8 orang dan akan dipandu dengan 1 guide lokal. Selama menyusuri sungai, guide akan mengarahkan, menjaga, hingga memberi informasi mengenai beberapa spot sungai. 

river tubing sungai oyo

Ini salah satu spot yang direkomendasikan bapak guide untuk berfoto. Beliau berkata, "Spotnya bagus Mbak, silahkan berfoto.". Dengan arus sungai yang terus melaju dan aku yang berusaha mengoperasikan handphone secara cepat karena terbungkus waterproof case, alhasil inilah foto alakadarnya. Lumayan ngeblur tapi happy karena sempat mengabadikan momen di spot indah ini. 

river tubing sungai oyo

Jika ingin mengabadikan momen selama menyusuri sungai tetapi malas untuk membawa camera, kamu juga bisa sekaligus mengambil paket dokumentasi. Lengkap sekali ya fasilitasnya? 

gunung kidul

Nah setelah menyusuri panjangnya Sungai Oyo, kalian akan dijemput kembali oleh mobil bak yang tadi mengantarkan kalian menuju ke parkiran Sungai Oyo. Hijaunya hamparan persawahan ini rasanya juga sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

River tubing di Sungai Oyo menjadi kali pertama aku mencoba olahraga air yang satu ini. Meskipun menantang, tetapi bikin ketagihan. Oh iya, River Tubing di Sungai Oyo ini sangat cocok dipilih sebagai liburan keluarga. Anak anak hingga orang tua diperbolehkan untuk mencoba serunya river tubing. Bagi kamu yang ingin melepas penat dan ingin refresh dari lelahnya pekerjaan, river tubing di Sungai Oyo menjadi rekomendasi wisata yang tepat untuk dikunjungi saat berada di Gunung Kidul!

How to Get There river tubing sungai oyo

River tubing Sungai Oyo kali ini masih menjadi satu lokasi dengan Goa Pindul. Jadi, sekali mengunjungi tempat wisata, kalian bisa explore wisata goa sekaligus menyusuri sungainya. Tidak perlu khawatir soal transport, terdapat beberapa agen wisata yang akan membawamu dari Goa Pindul menuju ke Sungai Oyo. 

Pengunjung akan dibawa menyusuri jalanan yang berliku, menanjak, bahkan melewati hutan. Perjalanan dari Goa Pindul menuju ke Sungai Oyo dilakukan dengan mengendarai mobil bak terbuka. Ini juga menjadi kali pertama aku mengendarai kendaraan berupa mobil bak terbuka. Seru juga ternyata!

sungai oyo river tubing gunung kidul river tubing sungai oyo

inilah pemandangan dari atas mobil bak terbuka

Tips and Trick river tubing sungai oyo

  • Gunakan sandal karet karena jalanan sangat berlumpur dan rawan terpeleset. 
  • Jika ingin merekam selama kegiatan tubing, pastikan menggunakan waterproof case untuk melindungi device.
  • Pastikan berangkat dengan kondisi tubuh yang fit karena butuh perjuangan ekstra untuk tiba di Sungai Oyo. 
  • Titipkan semua aksesoris seperti tas, topi, kacamata, dan lain lain. 
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data