aldilasalma | Explorer
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | Hiking & Trekking
14 Jan 2022

1 K15

Merapi Lava Tour ; Offroad Seru dan Jelajah Peninggalan Letusan Gunung Merapi

Menjelajahi sisa-sisa peninggala letusan Gunung Merapi tahun 2010. Seperti apa ya cerita dibalik kejadian tersebut?

What to Do Merapi Lava Tour Jogja

Haloo guys saatnya ngelanjutin review liburan di Jogja akhir tahun kemarinn. Setelah kemarin aku review HeHa Ocean View dan HeHa Ocean Glamping saatnya review tempat wisata di hari kedua yaitu Merapi Lava Tour.

Sedikit cerita sebenernya aku udah luamaa banget pengen lava tour ini pas ke Jogja, tapi belum juga kesampean padahal tiap taun pasti ke Jogja. Akhirnya liburan akhir tahun kemarin aku sempatkan untuk ke Merapi Lava Tour.

Nah langsung aja deh gimana sih cara ikut Merapi Lava Tour ini? Oke karena baru pertama kali juga jadi sebelum ke Jogja aku udah cari info dulu tentang Merapi Lava Tour. Dan ternyata untuk mengikuti Merapi Lava Tour kita harus dipandu guide dan sewa jeep. Karena nggak mau ribet langsung aja aku cari di Instagram dan yap, muncul baanyak banget beberapa akun guide Merapi Lava Tour yang ada. Dari sekian banyak pilihan aku memilih menggunakan guide MJLC "Merapi Jeep Land Cuiser" atau nama Instagramnya @lavatourmerapi_id. Kenapa pakai guide ini? Karenaa ya ini yang muncul paling atas di search Instagram heheh.

Nggak perlu nunggu lama aku langsung menghubungi guide tersebut. Ternyata untuk Merapi Lava Tour ini ada banyak paketnya guyss. Aku jabarin harganya dibawah yah :
1. Short trip 350K
- durasi 1 - 1,5 jam
- 4 spot tujuan
- max 4 orang/jeep

2. Medium Trip 450K
- durasi -+ 2 jam
- 5 spot tujuan
- max 4 orang/jeep

3. Long Trip 550K
- durasi -+ 2,5 jam
- 6 spot tujuan
- max 4 orang/jeep

4. Super Long Trip 650K
- durasi -+ 3,5 jam
- 7 spot tujuan
- max 4 orang/jeep

Itu dia paketnya ya guys, sebenernya ada juga paket sunrise trip yaitu trip dini hari untuk berburu sunrise sesuai namanya! Seru banget yaa. Dari pilihan paket tersebut kalian bisa sesuaikan keinginan kalian mau pilih yang mana.

Dari pilihan paket diatas kemarin kami memilih paket Medium Trip seharga 450k. Harga ini adalah harga per jeep dengan maksimal kapasitas 4 orang ya guys. Meskipun hanya 2 orang seperti kami kemarin harganya tetap sama yaaa!

Paket medium trip ini tujuan awalnya adalah bunker kaliadem, tebing gendol, batu alien, museum sisa hartaku, dan offroad air. Namun kemarin kami memelih custom destination. Tujuan pertama adalah Museum Sisa Hartaku, The Lost World, Padepokan Mbah Marijan, dan Stonehenge. Lahh kok cuma 4? Nggak kok guyss, jadi rencananya kemarin kami ingin offroad air namun debit sungai terlalu tinggi jadi digantikan dengan museum sisa hartaku yang berbeda.

Tujuan pertama kami adalah ke Museum Sisa Hartaku. Museum ini berisi peninggalan barang-barang warga desa setempat yang dulunya terkena awan panas gunung Merapi saat meletus pada tahun 2010 silam. Tempat yang dijadikan museum ini dulunya adalah rumah warga setempat. Disini kalian akan dijelaskan oleh guidenya tentang sejarah singkat meletusnya gunung Merapi 2010 tersebut. Terpajang beberapa foto saat kejadian, barang-barang seperti piring, baju, sepatu, alat masak, bahkan bangkai binatang. Saat dijelaskan dan melihat peninggalan tersebut sedikit sedih sih kalau dipikirkan kejadian tersebut.

Merapi Lava Tour Jogja
Jelajah Peninggalan Letusan Gunung Merapi
Wisata Merapi
Wisata jogjaMuseum Sisa Hartaku

 

Puas melihat-lihat di Museum Sisa Hartaku kami lanjut ke tujuan selanjutnya yaitu The Lost World. The Lost World ini seperti theme park dengan view latar belakang gunung Merapi guys. Tapi karena kami datang terlalu sore dan kabut jadi gunungnya nggak kelihatan sama sekali. Tapi tetep aja seru sih karena kami bisa foto-foto dengan leluasa yaa meskipun sambil kehujanan hehehe.

Wisata di Jogyakarta
Wisata alam Jogya
Wisata terkenal di Jogya

wisata hist JogyakartaThe Lost World


Selesai dari The Lost World kami menuju ke Padepokan Mbah Maridjan. Disana kita bisa melihat kondisi mobil APV yang rusak terkena awan panas saat relawan akan mengevakuasi  Mbah Maridjan saat kejadian. Namun saat relawan belum sampai rumah Mbah Maridjan sudah terjebak awan panas sehingga nyawa kedua relawan tersebut meninggal.

tempat wisata jogja
tempat wisata terkenal di Jogja

Petilasan Mbah Maridjan


Lanjut ke tujuan selanjutnya adalah Stonehenge. Ini salah satu spot yang pengen banget aku kunjungi dari awal. Stonehenge ini merupakan destinasi replika dari tempat bersejarah di Inggris itu guys. Dan bebatuannya disusun nyaris mirip dengan aslinya. Keren sihh. Untuk masuk ke Stonehenge ini kalian harus bayar lagi HTM 15K, namun karena sudah terlalu sore dan tidak ada pengunjung lain kami tidak perlu membayar HTM lagi.  

Wisata menarik di Jogya
wisata alam terdekat
wisata terdekatStonehenge

 

Terakhir kita berkeliling lokasi lokasi lain sebelum kembali ke basecamp. Sepanjang perjalanan seru banget sih guyss, sensasi naik jeep di medan yang cukup terjal dan jalan yang berlubang malah bikin seru apalagi kalau ada genangan air. Tapi Merapi Lava Tour ini kurang cocok buat lansia dan ibu hamil yaa, karena selama tour jalanannya tidak mulus jadi harus dipertimbangakan lagi dan pastikan kondisi kalian fit.

Itu dia cerita aku saat Merapi Lava Tour kemarin. Wisata ini sangat REKOMENDED buat dicoba kalau kamus suka wisata yang cukup menantang. Oke guys selamat mencobaa, jika ada pertanyaan langsung aja ke kolom komentar yaa!

 

How to Get There Merapi Lava Tour Jogja

Kemarin kami tiba sekitar jam 15.30, padahal rencana kami trip adalah jam 14.00 namun karena hujan deras jadi jamnya molor hehe. Untuk memulai trip ini meeting point di basecamp guide ini guys. Sampai di basecamp kita bisa langsung siap2 untuk trip.

Karena musim hujan jadi aku saranin kalian bawa jas hujan sekali pakai, tapi kalau lupa tenang ajaa disana juga ada yang jual kok. Kami memulai trip sekitar jam 16.00. Yaa emang udah lumayan sore ditemani dengan kabut dan hujan. Tapi yaa gimana lagi ya guyss udah sampai sini dan emang udah kepengen lama jadi ya gasss aja deh.

Merapi Lava Tour ; Offroad Seru dan Jelajah Peninggalan Letusan Gunung Merapi
Basecamp

Tips and Trick Merapi Lava Tour Jogja

  1. Sedia baju ganti
  2. Bawa jas hujan saat musim hujan
  3. Bawa pelindung hp anti air
  4. Pastikan tubuh dalam kondisi fit
  5. Tidak rekomended untuk lansia dan ibu hamil
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data