Jehan
Jehan | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
1.93 K0

Hararu Shokuhin Ramen yang Kuahnya Dimasak 9 Jam. Yakin, Enak?

restoran ramen di surabaya

Nyobain nge-ramen yang baru buka di deket UPN Surabaya. Ada yang enak tapi ada juga yang enggak. Dan yang enggak enak itu justru jadi poin utama menu mereka, alhasil aku ngasih rate 3/5 aja ya.
Post Content

Dua minggu lalu di sosial media sempat ramai postingan tentang tempat nge-ramen yang satu ini nih. Viralnya gara-gara kuah ramen mereka katanya dimasak selama 9 jam lamanya, wiih kebayang gimana rasa kuah kaldunya gak tuh... alhasil, dapat info seperti itu, aku langsung tertarik nyobain dong.

  • Suasana Ruang Hararu Shokuhin

Tempat ramen yang baru buka beberapa bulan yang lalu ini lokasinya dekat sama kampus UPN Surabaya loh. Pas aku datang ke sana, kerasa banget suasana tempat mereka yang nyaman. Sebenarnya nuansa yang ada di kedai makan ini terasa vibes ala warkop sih, jadi emang pas lah kalo bakal dijadiin tempet nongkrong bareng temen pulang kampus atau pas lagi jeda kuliahan.

tempat ramen surabaya rungkut

restoran ramen surabaya
lokasi hararu shokuhin
suasana di hararu shokuhin

Lokasi mereka juga cukup luas untuk menampung banyak pelanggan. Dari tata ruang mereka paling oke sih adanya jarak antar meja yang cukup dapat spacenya, jadi gak perlu takut dempet-dempetan sama meja sebelah deh. Oiya, lighting ruang dari Hararu Shokuhin juga enggak begitu terang kayak kafe atau rumah makan gitu yaa...mereka cenderung pakai penerangan warm white. Buat sebuah tempat yang bukanya mulai sore sampai malam, Hararu Shokuhin cukup remang sih. Tapi begitulah konsep ruang mereka, semi outdoor dengan vibes kedai. Terlepas dari apa pun gaya ruangnya, aku tetap nyaman.

Kalau datang ke tempat ramen di Surabaya ini, kamu bakalan nemuin satu meja khusus kondimen. Tapi pilihan kondimen di Hararu Shokuhin menurut aku enggak begitu banyak, pas ke sana aku cuma lihat ada kecap manis, kecap asin, dan bubuk cabe aja.

  • Menu Hararu Shokuhin

Bingung pesan menu apa dan pas tanya ke pegawai best menu mereka apaan, aku dapat rekomendasi antara Sakana Ramen atau Mie Yamin punya mereka. Berhubung niat dari awal tergoda dengan kuah kaldu yang katanya dimasak berjam-jam tadi itu, tentu saja aku pesan ramen yang berkuah dong. Hararu Shokuhin enggak cuma punya menu ramen saja kok, ada mie-mie lainnya. Kalau kamu enggak tertarik ramen, mereka punya menu bakmi ayam jamur, dan mie yamin asin atau manis. Tapi, kalau kamu enggak ingin mie dan lebih suka nasi, ada juga menu nasi ala Jepang dengan nama menu Donburi yang bisa kamu pesan.

menu hararu shokuhin ramenmenu dan harga hararu shokuhin

Selain menu utama tadi, ada juga makanan pendamping dan snack yang pilihannya juga banyak. Sayangnya sih, dari banyaknya menu makanan mereka, pilihan menu minuman di Hararu Shokuhin malah dikit, cuma ada 4 aja. Mereka punya menu minuman; Teh solo, RTG Kohimiruku, RTG Coffee Beer, dan Soft Drink. Dari keempat menu minuman tersebut, menurutku kurang mantul untuk ndampingin semangkuk ramen sih.

  • Proses Pesan Menu

Setelah memesan menu-menu mereka, pelanggan bisa langsung membayar sekalian di kasir yang menjadi satu meja dengan tempat memesan sebelumnya. Setelah selesai membayar, aku diberikan calling system yang bakalan bunyi pas pesananku sudah siap tersaji.

rekomendasi ramen dekat upn restoran baru

Enggak butuh waktu lama untuk menunggu semua menu pesananku selesai disajikan. Ternyata Calling System mereka hanya untuk menu utama aja, menu side dish dan snack bakalan diantar ke meja tamu. Habis bayar, cari meja yang kamu mau dan tunggu deh. so simple. Dari pada kelamaan, yuk lanjut ke ulasan menu mereka yang ku pesan kemarin!

  • Sakana Ramen Chicken Grill

Harga: Rp35.000

Menu satu ini yang kutunggu-tunggu. Dari tampilan ramen ini terlihat sederhana dan juga terlihat enaaak. Inget soal kuah kaldu andalan mereka, aku langsung menyeruput kuahnya dong. Beneran enak! Rasa gurih kaldunya dapet, keseluruhan ramen mereka punya taste umami. Tapi kalau mau dibilang apa iya dimasak 9 jam, aku akan meragukan kuah yang ku nikmati ini didapat dari air rebusan yang lama itu. Sepertinya hanya sedikit bagian saja dari keseluruhan kuah yang dituang dengan kaldu rebusan andalan mereka itu. Meski dibilang rebusan lama, kuah mereka cukup light dan enggak pekat sama sekali.

ramen surabaya murah
sakana ramen chicken grill - hararu shokuhin

So far enak-enak dan suka-suka aja pas nyobain kuah dari menu ramen Hararu ini tapi pas sampai nyobain mienya...aku kaget. Sempet diem beberapa detik dan ngelihatin temenku yang saat itu nungguin komenku. Aku bilang tekstur mie mereka enggak enak. Teksturnya overcooked sampai-sampai pas aku makan sekali gigit langsung benyek di mulut, lodoooh. Aku sama sekali enggak suka dengan tekstur mie seperti itu, bahkan aku sampai bilang ke temanku...mungkin ada orang dengan selera mie macam gini ya.

Padahal buat rasa dan tekstur dari pelengkap lainnya enak, tapi kenapa mie yang harusnya jadi bagian utama dari sajian malah enggak enak?? Oiya, ayam panggang yang jadi topping ramen mereka enak, punya kematangan yang pas dan juicy. Mienya enggak.

  • Yakitori Negima (tight+leek) & Yakitori Kawa (skin)

Harga: Rp9.000 dan Rp7.000

yakitori hararu
menu yakitori - hararu shokuhin

Kedua menu ini datang bersamaan dalam satu piring saji yang sama. Pas lihat tampilan Yakitori mereka, aku sangat tergoda...sisa aroma panggangannya enak! Bener aja dong, tekstur keduanya bener-bener matang pas. Yakitori Negima juicy dan bumbunya meresap sampai bagian dalam. Lalu Yakitori Kawa, kenyal dengan sedikit tektur garing, dan rasa lemaknya sempurna. yummy!

  • Teh Solo Ginasthel

Harga: Rp8.000

Melihat menu minuman dari Hararu Shokuhin yang hanya menyediakan 4 varian minuman saja, alhasil aku milih Teh Solo Ginasthel aja biar aman. Oh ya, untuk menu teh ini kamu bisa bebas refill sepuasnya ya. Rasa tehnya aku suka, cukup pekat tapi enggak pahit dan juga enggak terlalu manis.

  • END

Kalau disuruh balik lagi ke tempat ini, sepertinya aku akan tahan dulu deh dan bakalan nyari pilihan tempat lain. Meski menu yakitori mereka enak, kuah ramennya aku juga cocok, suasana tempat, dan harga pun aku oke...tetap bakalan hold dulu kalau mau balik ke sini lagi. Kalau ujungnya balik ke sini, bisa jadi aku akan coba menu yang lain juga, kali aja menu yang lain aku cocok dan suka.

Kalau bahas soal mie tentu aja tiap orang punya selera masing-masing, tapi selama keluar masuk ke tempat makan mie semacam Hararu Shokuhin ini, aku belum pernah dapat tekstur mie yang seperti mereka miliki. Tekstur yang kacau buatku, dan bisa bikin mood tiba-tiba jelek, sayang bangeeet deh. Penasaran, coba temui mereka di sini.

Opening Hours
Minggu - Sabtu: 15:00 - 21:30 WIB
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data