pritagizela | Freedom Seeker
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia | halal
14 Oct 2022

55211

Omah Tutur, Tempat Nongkrong Hits Tawarkan View Cantik

Berawal dari iseng explore, akhirnya berjodoh dengan Omah Tutur. Cafe & Resto yang cukup hits dan tawarkan pemandangan apik

Post Content Omah Tutur, Tempat Nongkrong Hits Tawarkan View Cantik

Masih di kawasan Pasuruan nih guys. Setelah kemarennya aku bikin review soal café di tengah kota Pasuruan dan di kawasan Prigen, kali ini aku main ke kawasan Nongkojajar guys, tepatnya di Kecamatan Tutur. Kawasan Nongkojajar ini memang cukup terkenal sebagai salah satu destinasi wisata di Pasuruan karena merupakan pintu masuk menuju Gunung Bromo. Nah, pas jalan-jalan kesini, aku emang mau berkunjung ke salah satu café yang terkenal banget, tapi sayangnya cafenya lagi penuh. Maklum guys, aku datengnya pas weekend. Sebagai alternatif, aku pun cari tempat ngopi yang ngga jauh dari situ dan ketemulah sama Omah Tutur.

Omah Tutur ini lokasinya ada di Krajan Dua, Tutur, Pasuruan. Untuk menuju kesini, aku saranin kamu mending naik kendaraan pribadi aja dan pake GMaps. Gampang banget kok arahnya dan café ini punya area parkir yang luas, jadi kamu ngga usah khawatir bakal ngga kebagian parkiran ya guys.

Omah Tutur, Tempat Nongkrong Hits Tawarkan View CantikPintu Masuk Omah Tutur

Omah Tutur

Anyway, Omah Tutur ini punya dua area yang sama-sama luas kalo menurutku, yaitu indoor dan outdoor. Untuk area indoor-nya ini terpisah sama yang outdoor dan punya bangunan yang bikin aku teringat sama Bali. Soalnya di bagian pintu masuknya ada payung-payung yang biasa ditaruh di pura gitu. Bagian dalamnya konsepnya jadul ya guys. Jadi disitu ada meja kursi kayu dan sejumlah perabotan khas rumah jaman dulu. Vibes-nya juga ala rumah jadul guys. Sayangnya, dari area indoor ini aku ngga bisa dapet view yang oke, jadi kalo kalian mau nongkrong sambil liat view, mending kalian duduk di area outdoor.

Indoor Area

Tempat Nongkrong Hits Tawarkan View Cantik

Cafe di Pasuruan

Cafe di Nongkojajar

Nongkojajar

Cafe Pasuruan

Sementara aku dateng pas ujan, jadinya area outdoor-nya basah. Area outdoor-nya ini kayak masuk ke dalam taman yang dipenuhi rumput dan tanaman. Jadi, ibaratnya bangunan indoor tadi adalah rumah utamanya, sementara bagian outdoor ini adalah tamannya. Untuk masuk ke area outdoor ini juga ada gapura dari pohon.

Cafe estetik pasuruan

Pintu Masuk Outdoor Area

Menariknya, di bagian tengah outdoor area ini ada bar kecil dimana kalian bisa pesen minuman. Lalu, di bagian depan bar ada ayunan dari kayu yang bisa kalian pake. Jadi bisa minum sambil main ayunan disitu. Sementara pemandangan dari outdoor area ini adalah kebun jeruk dan kebun kol yang lumayan cantik.

Outdoor Area

cafe hits pasuruan

cafe outdoor pasuruan

tempat nongkrong pasuruan

Next, mari kita bahas tentang menu-nya. Menu di Omah Tutur ini pastinya menu masakan Nusantara yang beragam pilihannya. Ada makanan ringan, makanan berat, kopi dan non-kopi. Karena ujan-ujan dan hawanya dingin, lagi-lagi aku kalap guys dan pesen makanan yang lumayan banyak untuk berdua. Hehe..

Daftar Menu

menu omah tutur

menu enak omah tutur

tempat nongkrong hits pasuruan

Cafe cantik di Pasuruan

Wisata pasuruan

Menu pertama yang aku cobain adalah Bakmi Omah Tutur. Menu yang satu ini mengingatkan aku dengan bakmi khas Jogja. Bakmi ini pake mie pipih dengan pilihan topping babat ataupun jerohan. Pastinya aku pilih jerohan dong ya. Menu ini disajikan menggunakan piring yang diberi alas daun pisang sehingga aromanya makin nikmat.

bakmi enak di pasuruanBakmi Omah Tutur Rp 25.000,-

Bakmi ini porsinya cukupan dan topping jerohannya banyak. Bumbu-nya dominan rempah dan menurutku pas banget, apalagi disajikan hangat. Cocok banget buat makanan pas ujan-ujan.

mie enak di pasuruan

Menu selanjutnya yang aku pesen juga masih berupa mie guys, yaitu Mie Goreng Kampung. Bedanya dari bakmi, menu ini pake mie lurus yang tipis. Agak mirip spaghetti, tapi lebih tebel. Topping-nya ada potongan daging ayam yang lumayan banyak dan bumbu-nya juga dominan rempah. Menurutku sih agak beda sama bakmi tadi, yang ini lebih berasa rempahnya.

kuliner di pasuruanMie Goreng Kampung Rp 20.000,-

Mie Goreng Kampung ini punya porsi yang bikin kenyang juga guys dan disajikan pake piring dengan daun pisang di bagian atasnya. Ngga lupa ada acar dan selada sebagai garnish-nya. Mantap.

mie goreng pasuruan

Tapi, kalo kalian kebetulan ngga pengen makanan berat, kemaren aku juga pesen beberapa camilan, yaitu Cireng Bumbu Rujak dan Sempol Ayam. Wel, sempol ini agak failed menurutku sih. Oke lah ukurannya keliatan lebih gemoy daripada sempol pada umumnya dan berasa dagingnya, tapi menurutku sempol ini agak kurang mateng gorengnya. Jadi berasa agak mentah. Entah kebetulan aja atau emang begitu, aku pun ga ngerti.

tempat nongkrong pasuruanSempol Rp 18.000,-

Camilan yang cukup rekomended buat dipesen pastinya cireng bumbu rujak. Selama ini aku belom pernah temuin rujak cireng yang ngga aku suka, soalnya pasti enak. Cireng ini rasanya gurih dan bumbu rujaknya lumayan enak. Cocok banget buat kalian yang pengen camilan dengan rasa yang aman-aman aja.

kuliner pasuruanCireng Bumbu Rujak Rp 18.000,-

Untuk menu minumannya, kemaren aku pesen menu kopi dan non-kopi. Untuk menu kopinya aku pesen Vietnam Drip pake Arabica. Kopinya enak banget dan ada fruity-nya. Kopi ini emang berasal dari Pasuruan sini guys dan kopi Pasuruan emang terkenal enak.

Kalo kalian ngga pengen ngopi dan pengen minuman sehat yang menghangatkan tubuh, kalian bisa pesen Lemon Rempah. Minuman ini isiannya ngga Cuma lemon, tapi juga ada sereh dan jahe sehingga bisa menghangatkan tubuh juga bikin tubuh makin seger. Wajib dipesen.

Omah tutur pasuruanLemon Rempah Rp 15.000,-

Segitu dulu review aku tentang Omah Tutur ini guys. Kalo kalian mau liburan ke Pasuruan atau kebetulan abis berkunjung ke Gunung Bromo, kalian bisa mampir ke Omah Tutur ini ya guys. Selamat berkunjung.

Opening Hours Omah Tutur, Tempat Nongkrong Hits Tawarkan View Cantik
09.00 - 19.00
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data