pritagizela | Freedom Seeker
Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia | halal
12 Jun 2022

1726

Hangatnya Soto Ayam Jalan Bank, Soto Khas Banyumas yang Unik

Soto Khas Banyumas tentu menjadi salah satu kuliner yang wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Purwokerto, seperti apa uniknya?

Post Content Soto Ayam Jalan Bank

Hai guys, masih seputaran kuliner khas Purwokerto nih. Setelah jajan di Madhang Maning Park aku masih berasa laper dong, akhirnya aku searching kuliner khas Porwokerto yang cukup rekomended dan belum pernah aku cobain sebelumnya. Suami aku sih suggest buat cobain soto ayam khas Purwokerto yang katanya beda sama soto di Jawa Timur. Seperti apa ya rasanya?

Well, selayaknya di Surabaya, banyak banget penjual soto ayam di Purwokerto, tapi yang paling banyak dikunjungi dan paling populer adalah Soto Ayam Jalan Bank. Kedai soto ini lokasinya ada di Jalan RA Wiryaatmaja No 14-15, Purwokerto. Buat menuju kesini, paling gampang kalian cek GMaps aja ya guys, soalnya aku juga ngga gitu familiar sama jalan di kota ini. Maafkeun.. wakakakak

Warung soto ini cukup legendaris karen telah berdiri sejak tahun 70-an. Disebu sebagai Soto Jalan Bank karena lokasinya berada di antara museum Bank BRI dan Bank BRI yang mana dulunya jalan ini merupakan Jalan Bank dan sekarang bernama Jalan RA Wiryaatmaja.

Hangatnya Soto Ayam Jalan Bank, Soto Khas Banyumas yang Unik

So, mari kita bahas soal tempatnya. Tempatnya sih biasa aja ya guys dan sederhana, layaknya warung soto pada umumnya. Sederhana tapi tetep nyaman kok guys, bersih juga tempatnya.

Soto Ayam Jalan Bank

Soto Jalan Bank ini menawarkan sajian yang cukup unik dengan ragam isian, seperti ketupat, irisan daging ayam kampung, tauge, kerupuk mie, kerupuk soto, bawang goreng dan ragam pelengkap lainnya. Terlihat seperti soto pada umumnya kan? Namun ada sedikit perbedaan nih disini karena soto ini merupakan aliran Soto Sokaraja sehingga diberi tambahan bumbu kacang.

Soto BanyumasIni tampilan sotonya

Soto Khas  Banyumas

Kalau dilihat sih aku keinget sama Rujak Soto khas Banyuwangi, bedanya bumbu kacangnya disini mirip bumbu pecel guys, agak pedes dan kalo kalian suka pedes kalian bisa tambahin bumbu kacangnya yang banyak.

makanan BanyumasBumbu kacangnya

rekomendasi kuliner khas Banyumas
Dicampur dulu guys

Menariknya lagi, penyajian soto ini di mangkok kecil, meskipun gitu kamu tetap merasa kenyang karena memang isiannya lumayan banyak, apalagi kalo kalian pake bumbu kacangnya banyak-banyak, jadi makin nendang aja. Ngga heran, kalo soto ini populer banget dan kamu akan menemukan deretan foto artis serta orang terkenal yang pernah makan disana.

tempat makan BanyumasTuh banyak kan deretan fotonya?

Ngga cuma pesen soto ayam, disini aku juga cobain es campurnya yang ngga kalah nikmat. Es campur ini disajikan dalam mangkok yang lumayan gede dan isiannya lumayan banyak, seperti cendol, cao dan potongan buah serta taburan es serut. Ngga lupa mereka tambahkan sirup khas yang rasanya ngga terlalu manis.

wisata kuliner Banyumas

Overall, Soto Jalan Bank ini rekomended buat kalian cobain kalo pengen kulineran di Purwokerto. Rasanya enak dan harganya masih masuk akal sih, aku pesen satu soto dan satu es campur total abisnya Rp 54.000. Selamat mencoba.

Opening Hours Soto Ayam Jalan Bank
08.00 - 20.30
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data