Zulfa
Zulfa | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
3.66 K7

Gegara Bebek Tugu Pahlawan Jadi Lupa Diet

gegara bebek tugu pahlawan

Penjual sego bebek yang merupakan salah satu kuliner wajib coba di Surabaya ini banyak penjualnya tapi satu yang tak pernah sepi, sego bebek Tugu Pahlawan, Seenak itu kah?
Post Content

Salah satu teman dari Jakarta datang ke Surabaya, rencananya pingin explore Surabaya sekalian kulineran. Sayangnya dia datang waktu hari kerja, jadi saya hanya bisa nemenin dia waktu sore saja, setelah pulang kantor.

Untuk wisata, saya mengajaknya ke Monumen kapal selam dan juga touring sebentar ke Jembatan Suramadu. Setelah explore, malam tiba, perut sudah mulai meminta jatahnya. Lapar! Kebetulan dia pingin sekali menikmati kuliner bebek. Tanpa pikir panjang langsung saja saya ajakin ke sego bebek paling enak di Surabaya, apalagi kalau bukan sego bebek Tugu Pahlawan.

 

Sampai di Bebek tugu pahlawan, setelah menjelang Isya’ dan seperti biasa selalu ramai pengunjung. Yang pesan terlihat mengular. Tempat duduknya penuh. Tempat duduknya ada dua disini, yang lesehan dan diatas meja kursi.

gegara bebek tugu pahlawan


 

Untuk pemesanan, langsung saja ke tempat pelayanan. Ada empat bagian daging bebek yang dipesan yakni paha besar, dada, protolan dan jeroan. Saya dan teman memilih paha besar, teman lainnya memesan jeroan. Di Bebek tugu pahlawan, standar isian di atas piring itu terdiri dari yakni nasi punel, daging bebek  ditaburi serundeng diatasnya, tanpa ada siraman bumbu kuning di atas nasi. Disajikan bersama dua macam sambal serta lalapan timun dan kemangi.

gegara bebek tugu pahlawan

gegara bebek tugu pahlawan



Setelah memesan, ambil pesanan dan langsung bayar. Untuk minuman, bisa pesan di warung sebelahnya, ada pilihan minuman. Ada es teh, es jeruk dan juga es degan. Kami memilih es jeruk. Untuk pemesanan minuman sama sih, pesan dan langsung bayar.

Nasinya pulen. Daging bebek yang sudah di ungkep dalam bumbu kemudian bebeknya digoreng. Bebeknya digoreng garing tapi rasa bagian dalam tetap juicy. Diatasnya ditaburi serundeng. Teksturnya empuk. Nggak bau anyir bebek. Bumbunya meresap cakep dalam daging. Gurihnya nampol. enak di kreketi sampai tulang tulangnya.

gegara bebek tugu pahlawan


Sambalnya ada dua, sambal tomat dan sambal korek. Yang sambal tomat lebih banyak. Sedangkan satunya sambal korek yang pedesnya lumayan bikin bibir njedir. Untuk sambal rasanya tidak ada yang spesial. Bila dibandingkan tentu saja saya lebih suka sambal koreknya yang pedas itu.

 

Nasi pulen berpadu dengan daging bebek gurih dan sambal dimakan dengan tangan, duh duh dun ampun banget deh, lupakan diet,  rasanya nggak berhenti ngunyah. Padahal tahun 2020, pingin banget hidup sehat dan nurunin kolesterol. Tapi kalau dah kena bebek tugu phalwan, lupa deh sama resolusi sehat. Sekali kali boleh lah, ya.

gegara bebek tugu pahlawan


Oh ya, untuk sepiring nasi bebek tugu pahlawan dengan paha besar harganya 24.000 . kalau kamu suka kreket kreket tulang bisa pesan tulangan atau jeroan sebagai alternative. Sepiring rasanya nggak cukup, waktu itu pingin makan lagi dengan menu jeroan tapi keingat kolesterol yang cekot cekot langsung deh melipir pulang sebelum kalap.

 

Untuk kamu yang berada di Surabaya dan pingin menikmati kulinernya, bebek tugu pahlawan bisa menjadi pilihan.

Opening Hours
Jam 06.00 - habis
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data