marthagaul
marthagaul | Sightseeing
Medan, Sumatera Utara, Indonesia | Wildlife
4.05 K1

Jalan-jalan ke Taman Buaya Asam Kumbang: Penangkaran Buaya Terbesar di Indonesia

taman buaya asam kumbang

Berekreasi bareng keluarga sambil melihat kehidupan buaya? Siapa takut!
What to Do

Taman Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini bukan hanya sebagai taman reptil terbesar di Medan, tapi juga se Indonesia lho guys. Disini hidup sekitar 3000 ekor buaya dengan beragam ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar. Taman penangkaran buaya didirikan oleh Lo Than Mok di tahun 1959 dan saat ini jadi salah satu ikon wisata kota Medan. Di Indonesia bagian mana lagi kalian bisa lihat langsung ribuan buaya di satu lokasi?

taman buaya asam kumbang

Suasana alam di taman penangkaran buaya ini juga cukup asri dan menyenangkan guys, jadi berasa ada di alam buaya langsung. Saat pertama masuk, di sebelah kanan kami langsung di suguhi pemandangan bak-bak yang terbuat dari batu dan pagar kawat di bagian atasnya. Di dalam bak-bak inilah buaya-buaya itu berada. Langsung dong ponakan-ponakan gue excited melihat reptil-reptil tersebut.

taman buaya asam kumbang

Di penangkaran buaya ini juga telah membuahkan ribuan ekor buaya yang siap bereproduksi. Biasanya, makanan yang dihabiskan oleh buaya-buaya ini mencapai 1 ton daging setiap harinya, bahkan lebih. Wow! Biasanya, petugas ngasih makan buaya-buaya ini pas jam 5 sore.

taman buaya asam kumbang

Kebanyakan buaya-buaya yang ada disini adalah jenis buaya muara, biasanya buaya-buaya ini diletakkan di bak-bak berbeda sesuai dengan umurnya. Dulunya ada buaya yang umurnya sampe 78 tahun lho guys, tapi sekarang rata-rata buaya yang ada di penangkaran ini umurnya mencapai 42 tahun aja. Lebih tua dari gue dong nih buaya-buaya! Hahaha..

taman buaya asam kumbang

Disini ada spot favorit juga lho guys, biasanya pengunjung foto-foto dengan latar belakang buaya buntung. Jadi buaya buntung ini adalah buaya biasa tapi ngga punya ekor dan buaya ini juga melakukan atraksi. Nah, kalian yang pengen menikmati suguhan atraksinya harus beli seekor ayam atau itik seharga Rp 35.000. ayam atau itik ini kemudian akan dilemparkan hidup-hidup oleh petugas atau pawang buaya ke dalam kolam rawa yang warnanya hijau lembut. Seketika itu juga, kalian bisa melihat buaya yang awalnya terdiam tak bergerak langsung beringas, berenang dengan cepat untuk menerkam mangsanya. Ngeri-ngeri seru guys lihat ginian tuh!

taman buaya asam kumbang

Ohya selain ada buaya-buaya, disini juga ada binatang-binatang lain seperti kura-kura, penyu, monyet, ular Phyton dan ular cobra. Selain itu juga ada ratusan bangau putih yang terbang bebas diatas area kolam besar penangkaran. 

Nah, buat kalian yang mau main ke Medan, jangan lupa buat memasukkan Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini ke dalam list destinasi wisata kalian ya.

Video by R R Chanel

How to Get There

Hai guys, adakah disini yang pecinta buaya? Maksud gue literally buaya ya, bukannya cowok buaya. Hahaha.. Nah, kalo kalian pecinta hewan reptil yang satu ini, ngga ada salahnya buat main ke Medan guys karena disini ada penangkaran buaya yang juga di buka sebagai tempat wisata yaitu Taman Buaya Asam Kumbang. 

Sebenernya gue bukan pecinta buaya banget guys, tapi karena ini masih liburan sekolah dan keponakan gue pada ngumpul di rumah, akhirnya gue ajaklah main kesana. Sekalian gue pengen tau rasanya gimana sih selfie bareng buaya? 

Penangkaran buaya Asam Kumbang ini lokasinya ada di Jalan Bunga Raya no 54, Sunggal, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan. Lokasinya ngga jauh dari pusat kota juga kok guys dan kalian bisa temukan berbagai transportasi menuju kesana. Untuk harga tiket masuknya, setiap pengunjung diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp 10.000 aja. Murah banget sih ini, apalagi kalo gue bawa ponakan-ponakan yang banyak ini.

taman buaya asam kumbang


Tips and Trick taman buaya asam kumbang

  • Meskipun taman ini dilengkapi dengan cctv dan ada petugas, kalian harus tetap hati-hati ya guys.
  • Jangan lupa bawa kamera buat foto-foto.
  • Jangan asal ngasih makan buaya-buaya disini.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data