4 star (from 1 people)
183 views | 1 Likes
Taman Gandrung Terracotta. Beneran ada 1000 Patung Penari Gandrung?
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Category: City Trip


Posted on 25 September 2018, 14:40:24
Location on Google Maps
Jiwa Jawa Ijen
Dusun Blimbingsari, Tamansari, Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68454, Indonesia
How to Get There

Banyuwangi, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki banyak sekali keindahan wisata buatan maupun alam. Banyak wisata yang terkenal di Kabupaten Banyuwangi seperti Pulau Merah, Teluk Hijau, Gunung Ijen, dan yang terkenal adalah Taman Nasional Baluran. Pemerintah Kabupaten Banyuwangipun terus memperbaiki dan mengembangkan wisata di kota ini. Tak hanya wisatawan local, kini banyuwangi kerap dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. 

Wisata yang terhitung masih baru di Kab. Banyuwangi adalah Taman Gandrung Terracotta atau Terracotta Dancers yang ada di Kawasan Jiwa Jawa Resort. Lokasinya masih berada di kaki Gunung Ijen, jangan tanya soal pemandangan, udah pasti indah. 

Bukan seperti resort biasa, pemandangan yang asri nan alami bisa kita nikmati disini, estetiknya juga nggak ketulungan!

Dari pusat Kabupaten Banyuwangi, butuh waktu sekitar 40 menit untuk tiba disini. Warga Banyuwangi, tentu kalian wajib mencoba wisata alam kekinian yang satu ini, jangan sampe kalah sama pengunjung yang dateng dari luar kota ya!

From YouTube : Radio BLAMBANGAN

What to Do

Taman Gandrung Terracotta atau yang biasa disebut Terracotta Dancers akhir akhir ini sering menjadi perbincangan oleh warga Banyuwangi. Terracotta Dancers masih menjadi satu kawasan dengan Jiwa Jawa Resort. Resort yang didirikan oleh Sigit Pramono selaku founder Jazz Gunung yang sekarang terus berusaha membangun wisata di Banyuwangi, mantap!

Sebagai warga Banyuwangi, rasanya salah besar kalau kalian nggak tau arti Gandrung yang menjadi nama dari Taman Gandrung Terracotta ini. Tentu kalian tau Tari Gandrung yang menjadi kesenian khas Banyuwangi. Tak heran kalau di kawasan Terracotta Dancer ini banyak patung dancernya. Patung patung yang ada di kawasan ini merupakan perwujudan syukur kepada Dewi Sri (Dewi Padi) atas hasil tani yang subur dan banyak. Patung Terracotta Dancer yang ada disini dibuat dari tembikar lho. Itulah yang menjadi asal usul adanya patung penari di Taman Gandrung Terracotta ini. 

Nggak salah lagi, kalian akan menemui banyak sekali patung Penari Gandrung disini. Selain itu, banyak juga pajangan foto estetik disini. Karya foto yang dipajang adalah jepretan dari kamera Sigit Pramono. Hasil foto yang dipajang juga masih ada sangkut paut sama penari gandrung dan sejarahnya tentunya. Bagus deh!

Patung yang ada di kawasan Taman Gandrung Terracotta ini akan ditambah terus hingga jumlahnya mencapai seribu patung lho. Iya, kalian nggak salah baca, seribu. Patung patung yang ada akan diletakkan di tengah sawah yang membentang luas, bener bener menakjubkan bukan? 

Tempat yang memaduka wisata modern dan wisata ala mini sangat cocok dikunjungi bareng keluarga. Saking nyaman dan estetiknya, tempat ini kerap digunakan sebagai lokasi suatu acara. Acara yang pernah dilakukan di Taman Gandrung Terracotta ini diantaranya Jazz Gunung, dan masih banyak acara lainnya. 

Jangan lupa bawa camera bagi kalain yang hobi fotografi, Taman Gandrung Terracotta ini memiliki banyak spot yang keren tentunya. Spot persawahan maupun spot patung patung akan mempercantik jepretan kalian ketika disini. Hamparan sawah yang luas seketika bikin aku serasa nyatu dengan alam, nyaman banget! Tempatnya yang berada di kaki Gunung Ijen juga bikin Taman Gandrung Terracotta memiliki suasana yang dingin dan mantap!

Keren banget nih tempatnya. Taman Gandrung Terracotta ini menjadikan Jiwa Jawa Resort jadi lebih keren. Alami tapi modern gitu, sukaaa!

Kalau ke Banyuwangi, jangan lupa mampir ke Jiwa Jawa Resort khususnya di Taman Gandrung Terracotta ini ya. Banyak yang bisa dikenang setelah pulang dari sini nih haha. 

Tips and Trick
  • Jangan lupa bawa alat dokumentasi ya!
Gallery (5)
Paradise post(s) that might interest you

Culinary post(s) that might interest you

Comments (2)