sandal
sandal | Sightseeing
Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia | Waterfall
3.56 K2

Curug Cibeureum: Air Terjun Cantik di Kaki Gunung Gede Pangrango

curug cibereum sukabumi

Jalan-jalan ke Sukabumi rasanya belum afdol kalo ngga mampir ke air terjun cantik ini..
What to Do

Curug Cibeureum ini menjadi favorit para pendaki saat mendaki Gunung Gede ataupun Pangrango. Disini juga udah ada lahan perkemahan yang bernama Pondok Halimun dan sering digunakan oleh para pendaki untuk menginap. Curug ini punya ketinggian hingga 40 mdpl dengan karakteristik air yang deras dan tinggi air yang lebih rendah. Meskipun bisa dibilang cukup rendah, tapi airnya deras banget guys, ngga heran kalo sering memakan korban. Tapi nih, kualitas airnya jernih banget dan udara disekitarnya cukup segar. Pantesan banyak wisatawan yang betah banget berlama-lama disini.

curug cibereum sukabumi

Curug ini diberi nama Cibeureum karena ada maknanya guys, yaitu “Ci” yang berarti air dan “Beureum” yang berarti merah. Jadi, menurut sejarahnya dulu dinding dari tebing curug ini penuh lumut merah sehingga warna merah mendominasi saat siang hari karena sinar matahari sehingga airnya jadi terlihat berwarna merah.

curug cibereum sukabumi

Sementara cerita lain yang beredar adalah konon dulunya ada seorang pertapa sakti. Pertapa itu melakuka meditasi di sekitar air terjun ini sangat lama hingga berubah menjadi batu sehingga membuat aliran air menjadi berwarna merah. Beberapa dari masyarakat sempat percaya kalo bebatuan disini adalah pertapa tersebut. 

curug cibereum sukabumi

Dari kedua cerita yang beredar ini, kalian percaya ngga guys? Kalo aku sih percaya ngga percaya ya. Tapi emang mereka pastinya punya alasan tersendiri kenapa curug ini diberi nama Curug Cibeureum. Dibalik semua cerita sejarahnya, curug ini punya pesonanya tersendiri. Suasananya yang sejuk dengan udara yang segar alami pastinya mampu membuai siapapun yang datang kemari.

curug cibereum sukabumi

Fasilitas yang disediakan di kawasan curug ini pun cukup lengkap guys. Dengan kalian bayar retribusi sebesar Rp 18.500 per orang aja, kalian udah bisa menginap di camping ground. Area camping ground ini pun udah dilengkapi dengan warung makan, mushola dan toilet. Untuk masuk ke kawasan ini, kalian bisa dateng mulai jam 8 pagi sampe jam 5 sore. Nah, kalo kalian mau nginep, kalian harus dateng sebelum jam 5 sore ya.

Youtube by Independent Project

How to Get There

Masih seputaran wisata di Sukabumi nih guys. Beberapa waktu lalu aku udah share pengalaman jalan-jalan ke Curug Cikanteh, kali ini aku mau share pengalaman jalan-jalan ke Curug Cibereum. Emang sih guys, kalo jalan-jalan ke daerah Sukabumi, Cianjur ataupun Bogor aku selalu explore wisata air terjunnya. Selain karena emang aku suka jalan-jalan ke air terjun, wisata air terjun juga jadi destinasi unggulan di kabupaten-kabupaten tersebut.

Perjalanan menuju Curug Cibereum ini bisa dibilang gampang, kalian bisa naik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Tapi menurut aku sih, lebih nyaman naik kendaraan pribadi ya soalnya selain bisa lebih hemat waktu juga bisa hemat biaya. Kalo kalian dateng dari Jakarta dengan mobil, kalian bisa lewat Tol Jagorawi menuju Puncak terus sampe ke Cisarua. Setelah itu menuju ke Puncak Pass dan juga Ciloto, kemudian ada pertigaan Cibodas. Curug Cibeureum ini berada di lereng Gunung Gede Pangrango, jadi dari pertigaan tadi belok ke kanan dan akan ada papan petunjuk ke Kebun Raya Cibodas.

Setibanya di Curug Cibeureum, semua kendaraan harus diparkirkan di area parkir Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Setelahnya, semua pengunjung harus berjalan kaki lewat jalan setapak sejauh 1 km. Jalan setapak ini merupakan jalur pendakian ke arah Gunung Gede Pangrango, jadi ngga usah heran kalo kalian bakal ketemu banyak pendaki disini.

curug cibereum sukabumi


Tips and Trick curug cibereum sukabumi

Buat kalian yang tertarik pengen dateng ke Curug Cibeureum ini, aku ada beberapa saran nih:

  • Kalo bisa jangan dateng di akhir pekan, soalnya bakal rame banget.
  • Pake sepatu atau sandal yang nyaman.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Bawa perlengkapan pribadi.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data