pian
pian | Sightseeing
Bantul, Yogyakarta, Indonesia | Waterfall
2.89 K2

Explore Bantul: Jelajah Surga Tersembunyi Grojogan Tuwondo

wisata di yogyakarta

explore bantul memang mantul!
What to Do

Setelah melakukan kurang lebih satu jam perjalanan, tibalah kami di area parkiran Grojogan Tuwondo. Btw, kalian paham ngga sih arti grojogan? Yak, grojogan adalah bahasa Jawa yang memiliki arti air yang jatuh, yah semacam air terjun juga bisa disebut grojogan guys, jadi kalian nggak perlu bingung lagi ya apa arti grojogan. Kemudian kata TUWONDO, tau ngga artinya? Kalau ini aku juga baru tahu sih. Nah TU memiliki arti watu atau bebatuan, kemudian ONDO memiliki arti tangga. Jadi bentuk dari Grojogan Tuwondo ini emang bebatuan berundak gitu guys, jadi warga setempet nyebutnya tuwondo atau watu ondo, ada ada aja ya penamaannya, kreatif haha!

wisata di yogyakarta

Grojogan Tuwondo memiliki kurang lebih 3 undakan yang terbagi menjadi 2 aliran, kalau lagi musim hujan debit Grojogan Tuwondo ini bakal kenceng banget. Tapi paling enak sih dateng kesini pas kemarau karena airnya nggak keruh guys. Kalau kalian dateng pas kemarau, kelemahannya adalah debit airnya terlalu sedikit bahkan nyaris tanpa air. Satu undakan di Grojogan Tuwondo memiliki ketinggian sekitar 3 hingga 5 meter, itulah yang bikin Grojogan Tuwondo terlihat keren. Nggak hanya itu, Grojogan Tuwondo juga dilengkapi dengan pemandangan yang keren, pepohonan jati dan tumbuhan lain menambah segernya suasana di kawasan Grojogan Tuwondo.

wisata di yogyakarta

Sebelum ramai dikunjungi untuk wisata, dulunya Grojogan Tuwondo hanya digunakan warga untuk memandikan ternak. Tapi seiring berjalannya waktu, banyak yang dateng dan pengen berwisata ke Grojogan Tuwondo, oleh karena itu sekalian diresmikan deh jadi tempat wisata. Warga sekitar yang kami temui pun ramah banget.

Baru dibuka akhir 2017, Grojogan Tuwondo masih ramai dikunjungi hingga saat ini lho. Fasilitas di Grojogan Tuwondo udah cukup memadai mulai dari area parkir hingga fasilitas umum lainnya. Jadi, recomended banget buat kalian yang lagi cari wisata di kawasan Bantul, bisa banget ke Grojogan Tuwondo. 

wisata di yogyakarta

Fyi, tiket masuk ke Grojogan Tuwondo ini gratis alias TANPA BAYAR lho! Wisata alam yang satu ini emang keren sob haha. Selama main ke Grojogan Tuwondo, pengunjung akan dikenakan biaya parkir kendaraan aja yakni sebesar Rp 2000,-. Hemat banget yak liburanku kali ini. Yuk explore Yogyakarta!

How to Get There

Pernah mengunjungi air terjun keren di Bantul Yogyakarta? Kalau belum, kalian bisa main kesini nih. Jadi kemaren pas ada kesempatan buat jalan jalan, aku pergi ke salahsatu wisata yang ada di Bantul Yogyakarta. Sengaja cari tempat wisata yang nggak mainstream biar nggak rame dan bisa menikmati pemandangan alamnya. 

Akhirnya aku memutuskan untuk mengunjungi lokasi wisata yang bernama Grojogan Tuwondo. Nah loh, udah pernah denger soal wisata yang satu ini? Grojogan Tuwondo berlokasi di daerah Lemah Abang, Dusun Banyakan, Desa Sitimulyo, Kecamtan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung bisa menggunakan bantuan google maps untuk sampai di air terjun yang cantik ini, atau bisa juga ngajak temen yang udah pernah ke Grojogan Tuwondo guna jadi penunjuk jalan haha. 

Kalian bisa menggunakan pribadi baik roda 2 maupun roda 4. Di sepanjang jalan, kalian akan dimudahkan dengan adanya papan penunjuk jalan menuju ke Grojogan Tuwondo. Sepanjang perjalanan, kalian juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang cukup menarik. Asih lah ya pokoknya. 

wisata di yogyakarta

Tips and Trick wisata di yogyakarta

  1. Jangan mengotori area air terjun
  2. Jangan lupa bawa camera ya
  3. Selamat nyobain deh!
  4. Youtube : Yuda Putra

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data