nur
nur | Sightseeing
Sleman, Yogyakarta, Indonesia | Theme Park
2.49 K2

Tebing Breksi: Metamorfosis Tambang Kapur Menjadi Wisata Instagenic

tebing breksi sleman

Tebing Breksi memang paling pas untuk menjadi spot foto keche!!!
What to Do

Setelah sampai disana dan parkir kendaraan, ternyata pengunjung yang datang kesini ngga dikenakan biaya tiket masuk atau kalian cukup bayar seikhlasnya aja. Kalian cuma bayar biaya parkir kendaraan aja disini. Kalo kalian bawa motor, biaya parkirnya Rp 2000, mobil Rp 5000 dan bus Rp 10.000.

Well, sebelum aku cerita lebih banyak tentang Tebing Breksi, aku bakal sedikit bahas tentang sejarah terbentuknya tebing ini. Menurut sejumlah peneliti yang udah meneliti batuan kapur di tebing ini, katanya sih tebing ini endapan dari hasil erupsi berupa abu vulkanik Gunung Nglanggeran yang ada di Gunung Kidul. Gunung Ngglanggeran adalah gunung api purba yang menghasilkan morfologi bukit setinggi 30 meter.

tebing breksi sleman

Dulunya, tempat ini menjadi tempat penambang batu kapur oleh warga sekitar sebagai mata pencaharian. Namun, sekarang tempat ini ‘disulap’ oleh penduduk sekitar dan seniman setempat menjadi sebuah tempat wisata yang keren dan instagramable. Kemudian pada tahun 2015 lalu tempat ini diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X yang merupakan gubernur saat itu barengan sama peresmian Tlatar seneng.

tebing breksi sleman

Beberapa spot yang keren untuk dijadikan foto-foto antara lain ukiran wayang dan juga bagian ukiran naga. Selain itu, disini juga dibuat undakan anak tangga yang bisa digunakan buat kalian yang pengen menikmati sunrise atau sunset karena view diatas sana sangat keren dan romantis. Dari atas sini, kalian bisa melihat kota Yogya dari kejauhan dan juga Candi Prambanan. Ngga heran kalo banyak sekali pasangan yang melangsungkan foto prewed mereka disini.

tebing breksi sleman

tebing breksi sleman
Spot lain yang ngga kalah Instagramable adalah Tlatar seneng yang berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 15 meter. Area ini mirip banget kayak panggung tempat untuk arena gladiator di Roma. Disana juga ada beberapa tempat duduk yang bisa digunakan pengunjung untuk menonton pertunjukan. Keren banget deh!

tebing breksi sleman

Gimana? Penasaran kan dengan Tebing Breksi ini? Yuk buruan ke Jogja!

Video by NET BIRO YOGYAKARTA

How to Get There

Akhirnya liburan akhir tahun datang juga. Saatnya jalan-jalan nih guys. Liburan kali ini, aku masih di Jogja donk. Kenapa? Soalnya disini ada banyak banget tempat wisata yang belum aku explore, salah satunya adalah wisata yang ada di kabupaten Sleman. Setelah beberapa waktu yang lalu aku explore beberapa tempat wisata di Gunung Kidul, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Nguluran dan Pantai Ngobaran, kali ini aku mau pergi ke Tebing Breksi ada yang di Kabupaten Sleman. 

Pasti kalian udah pada tau donk ya Tebing Breksi ini apaan? Apalagi kalian yang tinggalnya di Jogja. Pasti udah familiar banget sama tebing hits satu ini. Meskipun terbilang hits, tapi aku baru kali ini main kesini. Padahal juga sehari-hari aku tinggalnya di Jogja. Hiks..

Anyway, Minggu siang aku berangkat menuju Tebing Breksi barengan salah satu tetangga aku yang juga belum pernah kesana. Kita pun berangkat naik motor menuju Sleman dengan jalur akses ringroad utara, sampe ketemu RS Hermina di sebelah kiri jalan dan sampe di pertigaan menuju Jalan Raya Solo. Dari situ, ikuti rute ke Jalan Opak Raya, kemudian ke Opak VIII dan lanjut ke Jalan Raya Piyungan dan terakhir Jalan Candi Ijo. Lalu lurus terus sampe tujuan.

tebing breksi sleman


Tips and Trick tebing breksi sleman

  • Tebing ini buka setiap hari mulai jam 05.00 - 18.00. Saran aku, kalian mending dateng di pagi hari menjelang sunrise atau sore hari menjelang sunset. 
  • Bawa kamera yang bagus.
  • Pake alas kaki yang nyaman.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data