sandal
sandal | Sightseeing
Cianjur, Jawa Barat, Indonesia | Beach Exploring
3.01 K3

Pantai Jayanti: Primadona Kota Cianjur yang Tersembunyi

pantai jayanti cianjur

Berkunjung ke Cianjur? Pantai Jayanti ini wajib banget di kunjungi karena, memiliki pemandang yang indah.
What to Do

Pantai Jayanti bisa dibilang tidak sepopuler pantai-pantai lainnya di Jawa Barat. Bahkan bisa dibilang kalau pantai ini masih perawan karena jarang mendapat kunjungan dari wisatawan. Biasanya pantai ini hanya ramai dikunjungi saat liburan sekolah, libur lebaran atau libur tahun baru. Lokasinya yang jauh dari kota besar seperti Jakarta, Bandung atau Bogor ini membuat berwisata ke Pantai Jayanti punya kesan tersendiri. Perjuangannya menempuh jarak yang ngga mudah dan jauh jadi memberikan sensasi liburan yang berbeda.

pantai jayanti cianjur

Ciri khas dari Pantai Jayanti ini adalah ombaknya yang besar dan batu karang yang besar karena memang pantai ini berasa di selatan. Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini selain berenang adalah memancing dan bersantai di pinggir pantai, tentunya harus tetap hati-hati kalo pengen berenang karena ombaknya yang cukup besar. 

pantai jayanti cianjur

Pantai Jayanti juga merupakan pelabuhan tradisional yang juga menjadi tempat berlabuhnya para nelayan lokal. Jadi, jangan heran kalo di pantai ini akan ada banyak perahu. Perahu-perahu tersebut juga bisa kalian sewa untuk berlayar ke tengah laut. Kalo kalian berani sih nantangin ombak pantai selatan yang super besar. Tapi kalo saya sih ngga berani..

pantai jayanti cianjur

pantai jayanti cianjur

Jadinya karena ngga berani naik perahu sampe ke tengah, saya pun hanya bersantai di pinggir pantai sambil sesekali foto-foto. Fasilitas di Pantai Jayanti ini juga sudah lumayan lengkap guys, meskipun ngga ada hotel berbintangnya, tapi ada beberapa penginapan dengan harga super terjangkau yang bisa kalian sewa. Disini juga sudah ada saung-saung untuk berteduh sambil bersantai. Untuk kalian yang kelaparan juga ngga usah khawatir karena memang disini sudah banyak warung penjual makanan yang bisa kalian nikmati pastinya menu utamanya adalah seafood alias ikan-ikanan guys. 

pantai jayanti cianjur
pantai jayanti cianjur

Video by Sekilas Info

How to Get There

Weekend kali ini saya ngga jalan-jalan ke Bogor lagi guys karena memang lagi males keluar kota dan lagi berhemat juga buat pergi ke tempat yang lebih jauh lagi. Jadi, saya mutusin buat jalan-jalan di sekitar kota tempat tinggal saya, yaitu Cianjur. Sebernya Cianjur punya banyak banget potensi wisatanya, tapi sayangnya sih belum tereksplore semua.

Anyway, kalo beberapa waktu yang lalu saya pergi ke banyak air terjun atau curug di Bogor, seperti Curug Luhur, Curug Cilember hingga wisata budaya di Pura Jagatkarta, so kali ini saya ingin mengeksplore pantai mengingat terakhir ke pantai pas dateng ke Pantai Petanahan di Kebumen dan saya udah lama ngga ke pantai lagi. Dan pantai yang kemarin saya kunjungi adalah Pantai Jayanti.

Pantai Jayanti berlokasi lumayan jauh dari Kota Cianjur, tepatnya di Cidaun Selatan. Jaraknya sekitar 143 km ke arah selatan dari pusat kota Cianjur atau butuh waktu sekitar 4 jam perjalanan. Lumayan jauh guys!

Dari Cianjur, saya mengambil ruter menuju Cibeber- Sukanagara- Tangerang- Sindangbarang- Cidaun (pelabuhan Jayanti). Jalur ini bisa ditempuh pake kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum guys karena jalur ini juga menjadi rute yang dipilih pengunjung yang berasal dari Jakarta, Bekasi atau Bogor. Jadi kalo kalian dari Jakarta, kalian bisa menuju Cianjur terlebih dahulu lalu ikuti rute yang sudah sebutkan tadi.

Kalo kalian ngga ada kendaraan pribadi, kalian bisa naik kendaraan umum dari terminal Parishayam menuju terminal Cidaun lalu dilanjutkan dengan naik ojet ke lokasi pantai. Tapi saran saya, lebih baik gunakan kendaraan pribadi saja.

pantai jayanti cianjur

Tips and Trick pantai jayanti cianjur

Wah, jadi tertarik pengen pergi kesini juga ngga? Saya ada tips nih buat kalian yang mau kesini..

  • Tiket masuk pantai ini Rp 5000 untuk roda dua dan Rp 15.000 untuk mobil.
  • Jangan lupa untuk bawa baju ganti dan perlengkapan mandi jika ingin berenang.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Waktu terbaik untuk datang kesini adalah saat sunset.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data