pritagizela
pritagizela | Freedom Seeker
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia | Waterfall
2.71 K19

Pesona Air Terjun Jagir yang Bikin Lupa Diri

Air Terjun Jagir Banyuwangi

Berada tak jauh dari Kawa Ijen, temukan kesegaran air terjun yang keindahannya bagaikan bidadari
What to Do

Lanjut soal wisata di Banyuwangi nih guys, setelah jalan-jalan pagi di Sendang Seruni aku langsung balik hotel lagi buat istirahat bentar dan mandi. Sebelum jam makan siang, aku berencana buat pergi ke air terjun yang lokasinya juga ngga jauh-jauh banget dari tempat aku menginap, namanya Air Terjun Jagir. Pas lagi siap-siap berangkat, tiba-tiba hujan turun. Galau banget mau tetep pergi atau ngga dan akhirnya aku mutusin buat tetep pergi aja. Jadinya main di air terjun sambil hujan-hujanan. Hehehe..

Video by Gotravelly

Sesampainya disana, aku sempet kebablasan sebenernya karena petunjuknya ngga keliatan dan Cuma ada tanda loket yang berjajar diantara rumah penduduk. Di seberangnya ada lahan yang lumayan luas buat area parkir kendaraan. Jadi kalo kalian bawa mobil ataupun naik bus mini, tetep bisa parkir ya guys. Parkirnya juga murah Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pesona Air Terjun Jagir yang Bikin Lupa DiriArea Parkir Air Terjun Jagir

Di loket aku langsung beli tiket dan per orang Cuma bayar Rp 5.000 aja. Murah banget kan? Dari loket tadi harus jalan kaki lagi turun tangga untuk menuju ke air terjun. Sebenernya ngga terlalu jauh, tapi karena aku datengnya pas ujan, jadi jalannya licin banget. Harus extra hati-hati.

Air Terjun JagirLoket

Singkatnya, akhirnya sampe juga di Air Terjun Jagir ini guys. Air terjun ini punya pemandangan yang cukup unik, yaitu dalam satu lokasi ada tiga air terjun. Ngga heran kalo banyak pengunjung yang menyebut air terjun ini sebagai Three in One, Air Terjun Kembar, Air Terjun Bersaudara hingga Air Terjun Bidadari karena airnya yang sangat jernih.

wisata BanyuwangiLewat Jembatan Dulu guys

Air Terjun Jagir Banyuwangi

Air yang mengalir dari Air Terjun Jagir ini berasal dari mata air yang terletak di atas air terjun langsung, yaitu mata air sumber Pawon, yang diartikan sebagai dapur. Menariknya, air terjun ini punya aliran air yang menyebar, jadi dalam satu air terjun terdapat tiga aliran sekaligus. Ngga Cuma itu, di bawah air terjun ini terbentuk kolam alami yang mana pengunjung bisa berenang disana. Seger banget airnya guys.

wisata alam BanyuwangiAliran Air Terjun Pertama

wisata alam terdekat


obyek wisata Banyuwangi


Kalian juga bisa mendekat ke aliran air terjun ini soalnya masih cukup aman ya. Tapi kalo musim hujan, pengunjung ngga dibolehin buat main di sekitaran sungai karena takut tiba-tiba banjir.

tempat wisata Banyuwangi

Air Terjun Jagir ini juga punya fasilitas yang cukup lengkap. Di sekitar air terjun ada gazebo untuk duduk sambil menikmati pemandangan. Lalu juga ada kamar mandi untuk ganti baju, meskipun agak kurang terawat. Disini juga ada mushola buat kalian yang pengen sholat.

Overall, Air Terjun Jagir ini cukup rekomended buat kalian yang pengen liburan sambil menikmati sejuknya udara pegunungan. So, kalo mau liburan ke Banyuwangi, udah tau kan tujuannya mau kemana aja? Selamat berlibur.

How to Get There

Air Terjun Jagir ini emang jadi salah satu wisata andalan di Banyuwangi. Lokasinya ada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Lokasinya sih lumayan deket dengan Kawah Ijen guys, jadi pas pertigaan menuju Ijen, kalian bakal nemu rest area, nah disitu kalian tinggal belok kanan dan ikuti jalan aja bakal sampe di Air Terjun Jagir ini guys.

Jalan menuju kesana sih udah beraspal, tapi lumayan naik turun jadi harus hati-hati. Apalagi kalo kalian dateng pas musim hujan. Meskipun gitu, pemandangan yang ditawarkan bagus banget karena di sisi kanan kiri kalian bisa melihat hijaunya persawahan dan udaranya udah pasti sejuk.

Ohya, untuk kesini ngga ada kendaraan umum ya guys, jadi saranku kalian mending naik kendaraan pribadi aja. Atau kalian juga bisa ikut open trip ke Kawah Ijen yang mana biasanya mereka juga tawarin trip ke Air Terjun Jagir ini.

Tips and Trick Air Terjun Jagir Banyuwangi

  • Jangan lupa bawa baju ganti
  • Tetap patuhi protokol kesehatan
  • Bawa perlengkapan mandi pribadi
  • Bawa kamera anti air
  • Jaga kebersihan
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data