pritagizela
pritagizela | Freedom Seeker
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
2.54 K14

Jalan-Jalan di Tunjungan Romansa, Wisata Kota Dengan Perpaduan Sejarah dan Lifestyle

Tunjungan Romansa Surabaya

Kalo Bandung punya Braga dan Jogja punya Malioboro, maka Surabaya punya Tunjungan Romansa
What to Do

Liburan ke Surabaya lagi yuk! Surabaya dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia sekaligus ibukota Provinsi Jawa Timur. Kota ini memang menjadi pusat pemerintahan Jawa Timur juga pusat ekonomi, namun Kota Pahlawan ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Aku udah sempet beberapa kali share soal destinasi wisata di Surabaya, sepertu Museum Pendidikan, Hutan Mangrove hingga Wisata Perahu Kalimas. Nah, kebetulan minggu lalu aku jalan-jalan di sekitaran kota Surabaya dan mengunjungi destinasi wisata kota Surabaya yang belakangan ini lagi hits, yaitu Tunjungan Romansa.

Jalan-Jalan di Tunjungan Romansa, Wisata Kota Dengan Perpaduan Sejarah dan Lifestyle

Tunjungan Romansa ini adalah wisata Jalan Tunjungan yang legendaris itu guys. Tunjungan Romansa ini jadi salah satu ikon kota Surabaya yang dibuat memang untuk mendongkrak sektor pariwisata Surabaya setelah sempat mati akibat pandemi Covid-19. Jadi, Tunjungan Romansa ini konsepnya kayak Braga-nya Bandung dan Malioboro-nya Jogja. Jadi, disin kamu bisa berjalan-jalan sekaligus mengingat kembali sejarah dan kisah-kisah romansa yang dulu pernah terjadi di Jalan Tunjungan.

Tunjungan Romansa Surabaya

Wisata kota SurabayaAda Parkiran sepeda buat kamu yang pengen naik sepeda

Jalan Tunjungan memang menjadi jalan utama di Kota Surabaya yang cukup bersejarah dan dipenuhi dengan bangunan-bangunan bersejarah yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Tak hanya bangunan bersejarah, disini kamu juga bisa melihat modern-nya kota Surabaya dengan deretan gedung pencakar langit serta deretan kuliner yang bisa kamu coba.

wisata heritage SurabayaGerobak Kuliner dari UMKM Surabaya

Kebetulan kemaren aku dateng pas menuju sore hari dan cuaca lagi agak mendung sehingga cocok banget buat jalan-jalan karena ngga terlalu panas. Kebetulan kemaren pedagang kaki limanya belum buka, tapi kamu ngga perlu khawatir karena di sekitar sini kamu bakal nemuin banyak banget café hingga restoran yang menjual ragam menu enak.

Rekomendasi wisata Surabaya

Di beberapa titik di Jalan Tunjungan ini ada mural-mural cantik yang bisa kamu jadikan spot foto. Kalo menjelang malam, kamu juga bisa melihat lampu-lampu cantik di sepanjang Jalan Tunjungan ini mulai dinyalakan sehingga membuatnya terlihat semakin cantik dan romantis.

Wisata Sejarah di Surabaya

Wisata Surabaya

wisata Rural Surabaya

Ohya, di kawasan Tunjungan Romansa ini kamu juga bisa temukan seniman jalanan lho. Seperti pelukis wajah, atraksi manusia patung, live musik dan kesenian tradisional. Untuk kesenian tradisional dan live musik, kalian harus pastikan lagi yaa jadwalnya guys, karena kemaren pas aku kesana masih belum ada senimannya.

Di kawasan ini kamu juga bisa menemukan sentra oleh-oleh dan UMKM di Gedung Siola, lho. Jadi, kamu bisa sekaligus beli oleh-oleh makanan ataupun souvenir khas Surabaya dengan harga yang relatif terjangkau.

Video by Gotravelly

How to Get There

Tunjungan Romansa ini lokasinya ada di Jalan Tunjungan Surabaya, jalanan utama kota Surabaya yang gampang banget dijangkau dengan berbagai transportasi.

Tips and Trick Tunjungan Romansa Surabaya

Kawasan Tunjungan Romansa ini gampang banget buat kamu jangkau guys, kamu bisa naik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kalo kamu dari luar kota, kamu bisa cari penginapan terdekat dari Jalan Tunjungan dan bisa menuju kawasan ini dengan jalan kaki.

Kalo kamu mau naik kendaraan umum, kamu bisa naik Suroboyo Bus dan cari halte bus terdekat kamu dan turun di Halte Tunjungan atau Halte Siola. Tapi, kalo kamu bawa kendaraan pribadi, kamu bisa parkir di kawasan Genteng soalnya kalo parkir di kawasan Tunjungan ada jam berlakunya.

Kalo main kesini, jangan lupa untuk pake outfit yang kece dan kamera yang bagus ya guys. Buat foto ala ala ootd soalnya disini banyak banget spot foto yang kece.

Tunjungan Romansa ini bisa kamu kunjungi setiap hari selama 24 jam, tapi kalo pengen jajan dan nonton pertunjukan, kamu bisa dateng pagi sampe malem ya.

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data