damanik1575162141
Samosir, Sumatera Utara, Indonesia | City Trip
4.32 K3

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Pulau Samosir

Bukit bukit hijau berbaris mengerubungi danau Toba yang luas, layaknya negri hilang dalam sebuah legenda..
What to Do

Butuh sekitar 6 sampai 7 jam untuk mencapai Pulau Samosir jika sobat menggunakan jalur darat. Lokasi pertama yang ditemui adalah menara pandang Tele. Nah, menara ini menjadi primadona para pemburu Sunrise loh, karena dari menara ini dapat terlihat jelas view Danau Toba dan juga bukit bukit hijau yang benar benar menakjubkan. Menara ini biasanya juga menjadi tempat istirahat pertama bagi para pengunjung karena terdapat beberapa tempat makan yg cocok untuk melepas penat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

pulau Samosir

Pulau Negeri dongeng Sumatera Utara

Selepas dari Menara Pandang Tele, sobat bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata kedua, yaitu Bukit Holbung. Bukit Holbung merupakan tujuan utama bagi para pelancong disamping beberapa bukit Lain yang biasa dikunjungi. Bukit ini menampilkan panorama pemandangan yang akan buat sobat dolan malas untuk beranjak pergi loh. Disini juga diperbolehkan untuk mendirikan kemah ya. Jadi boleh boleh saja jika kamu berminat untuk camping beberapa malam disini. Warga yang menjaga juga sangat ramah. Jadi jangan khawatir atau merasa asing ya.

wisata pulau samosirtempat wisata pulau samosir

wisata sekitar pulau samosirWisata pulau Samosir

Lokasi selanjutnya yang dapat kamu tuju di Samosir adalah Air Terjun Efrata. Lokasi nya tidak begitu jauh dari bukit Holbung, jadi sangat disayangkan jika kamu tidak menyempatkan diri ke lokasi wisata ini. Di sini sobat bisa memasuki wilayah Efrata dengan membayar biaya masuk sekitar 8rb sampai 10rb saja loh. Siapkan kamera kamu ya, karena akan ada banyak angle bagus yang bisa kamu jadikan objek untuk menambah gallery kamu.

Pulau Samosir, Pulau Negeri dongeng Sumatera UtaraPulau Negeri dongeng Sumatera Utara

Usai bermain main air di Air Terjun Efrata, kamu bisa kembali bergerak ke lokasi wisata Pantai Pasir Putih Parbaba. Dimana meski disebut Pantai, namun sebenarnya tempat wisata ini adalah pinggiran Danau Toba, dengan pasir putih lembut yang benar benar terlihat seperti pantai. Dengan view bebukitan hijau, membuat Pantai ini mempunyai nilai lebih. Disini sobat bisa bermain Banana Boat, atau hanya sekedar berendam di danau nya yang jernih. Jangan khawatir tenggelam, karena pinggiran danau ini tidak dalam dan bisa kamu nikmati sembari duduk santai. Tapi jangan terlalu ke tengah ya, karena akan semakin dalam. Terdapat beberapa spot selfie juga jika sobat mau berfoto foto kece, meskipun view di pantai ini harus nya sudah cukup buat kamu takjub.

Pulau Negeri dongeng Sumatera Utara

wisata pulau samosirPulau Negeri dongeng Sumatera Utara

Nah, itu tadi review tentang pulau Samosir. Sebenarnya masih ada banyak sekali tempat wisata lain yang tak kalah indah di Samosir, seperti Pulau Tulas, Makam Raja Raja, Bukit Gajah bobok, dan juga Bonan Dolok yang disebut sebut mirip dengan lokasi wisata di Lombok. So, tunggu apalagi? Ayo ke Samosir!!

 

 

How to Get There

Hai sobat dolan! Kalau berbicara tentang Sumatera Utara, memang kurang lengkap rasanya kalau belum membahas salah satu pulau kebanggaan provinsi ini. Yap, sudah pasti Samosir! Bagi wisatawan yang berkunjung ke wilayah Sumatera Utara, selain Danau Toba, pulau ini adalah tempat yang wajib dikunjungi. Kenapa? Karena di pulau ini, terdapat banyak wisata alam yang akan buat kamu gak mau pulang! Dimulai dari bukit bukit hijau nya yg menakjubkan, pesona air terjun Efrata yang sejuk, dan tak mau ketinggalan pantai dengan pasir putih nya yang pastinya buat pengunjung enggan beranjak buru buru.

Nah, untuk mencapai pulau Samosir, sobat bisa menggunakan jalur darat yaitu dari Brastagi, lalu bergerak melalui jalur jalan raya Sidikalang sampai ke Dolok Sanggul terus menuju wilayah Panguruan. Sobat bisa menggunakan Maps untuk memudahkan perjalanan. Namun harap berhati hati, dikarenakan jalur ini berkelok kelok dengan banyak tikungan tajam dan licin.

 

Tips and Trick Pulau Samosir

Tidak ada tips khusus untuk berwisata ke Pulau Samosir, hanya saja saya sarankan untuk pergi malam hari, agar dapat menikmati sunrise di menara Tele. Kebanyakan pengunjung biasanya melakukan perjalanan di malam hari kisaran pukul 23.00 atau 00.00. Bawalah pakaian ganti, jika kamu berniat bermain air di Efrata atau Pantai Pasir putih ya. Bawa uang yang cukup karena tidak terdapat ATM.

Dan jangan lupa pakai pakaian tebal ya, karena udara akan sangat dingin dipagi hari.

See you on next review :)

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data