pian
pian | Sightseeing
Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia | Photography
3.62 K2

Bendungan Sampean Baru: Wisata Instagenic Bondowoso

bendungan sampean baru

Hunting foto di Bondowoso? Kunjungi bendungan legendaris nan instagenic satu ini..
What to Do

Sebenernya dari kecil aku udah sering main kesini, tapi lagi-lagi aku ngga pernah bosen. Tempat ini tuh semacam sweet escape nya aku kalo lagi suntuk ataupun lagi capek sama rutinitas sehari-hari. Gimana ngga guys, tempat ini bener-bener keren dan instagenic banget. Pemandangannya yang cantik sangat memanjakan mata. Ngga heran kalo tempat ini juga jadi buruan wisatawan dan juga pecinta fotografi.

pemandangan bendungan sampean baru


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bendungan Sampean Baru ini dibangun sejak tahun 1979 dan baru selesai di tahun 1983. Bendungan ini baru hits beberapa tahun belakangan setelah banyak pengunjung yang datang mengunggah keindahan pemandangannya di sosial media.

Bendungan ini punya konstruksi yang sekilas tampak seperti bendungan-bendungan megah di luar negeri. Beton-beton yang disusun rapi di depan bendungan dan tumbuhan enceng gondok di sekitarnya membuatnya tampak sangat cantik di foto. Enceng gondok yang tumbuh disekitaran bendungan ini semakin membuat foto kalian tambah estetik.

spot instagramable bendungan sampean baru

Konstruksi betonnya yang tertata rapi dan dikelilingi oleh pemandangan alam di sekitarnya bener-bener memanjakan mata. Ngga heran kalo lokasi ini langsung jadi primadona di Bondowoso bagi penggemar fotografi atau mereka yang hobi selfie.

Bendungan Sampean Baru ini punya tinggi 26 meter dengan panjang 670 meter dan lebar 4 meter. Bendungan ini juga punya air yang jernih dan masih berfungsi untuk mengairi lahan seluas 9.800 hektar. 

pemandangan bendungan sampean baru

Desainnya yang cantik, kokoh dan megah ini membuat Bendungan Sampean Baru ini terlihat seperti dam atau Bendungan yang ada di Belanda. Ngga hanya itu, disini kalian juga bisa menikmati sungai, danau juga lembah yang mengelilinginya. Wah, bisa bikin foto-foto kalian makin instagenic nih guys!

pemandangan bendungan sampean baru

Gimana guys? Pengen kan nyobain foto-foto di bendungan yang cantik dan instagenic ini? Segera jadwalkan aja perjalanan kalian ke Bondowoso ya. Selain ada bendungan cantik ini, beberapa wisata lain juga wajib ada di bucket list kalian seperti Kawah Ijen dan Air Terjun Belawan. Happy traveling!

How to Get There

Hai guys, lama juga udah ngga nulis review. Kali ini aku mau bagi pengalaman tentang wisata di Bondowoso lagi guys, soalnya udah lama juga sih aku ngga explore kota sendiri setelah terakhir itu aku pergi ke Kebun Strawberry Kalisat. Anyway, kebetulan kemarin salah stau temen ngajakin buat hunting foto di sekitaran Bondowoso dan dia ngajakin pergi ke Bendungan Sampean Baru yang merupakan salah satu wisata instagenic di Bondowoso.

Bendungan Sampean Baru ini lokasinya ada di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen, Bondowoso. Kalo dari pusat kota Bondowoso sendiri butuh waktu tempuh sekitar 45 menit dengan akses jalan yang udah cukup bagus dan nyaman. Untuk menuju kesini, kalian bisa bawa kendaraan pribadi ya biar lebih menghemat waktu dan biaya. Soalnya kesini juga masih jarang ada kendaraan umum.

 

Tips and Trick bendungan sampean baru

Buat kalian berencana pergi ke Bendungan Sampean Baru ini, aku ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan. Misalnya seperti waktu tepat untuk berkunjung adalah saat sebelum sunrise ataupun sebelum sunset, soalnya viewnya bakal cantik banget saat di foto. Anyway, kalian sama sekali ngga dikenakan biaya masuk untuk menikmati keindahan Bendungan Sampean Baru ini. Jangan lupa untuk bawa kamera yang bagus ya guys. Jangan buang sampah sembarangan ya guys, soalnya nanti bakal ngotorin aliran sungainya dan bisa bikin banjir. Kalo kesini, ajak temen-temen atau keluarga kalian ya guys biar makin seru foto-fotonya.

Video by Ricky Irfandy

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data