pritagizela | Freedom Seeker
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
15 Aug 2022

33418

Menyusuri Wisata Kampung Pecinan, Destinasi Wisata Heritage Surabaya

Berkonsep China Town, Wisata Kampung Pecinan jadi salah satu destinasi wisata bersejarah di Surabaya yang cukup menarik untuk dikunjungi

What to Do Kampung Pecinan Surabaya

Jelajah wisata kota Surabaya lagi yuks! Minggu lalu, aku sempet menjelajah salah satu taman paling instagramable di Surabaya, yaitu Taman Mozaik. Nah, kali ini aku pengen menjelajahi sisi lain dari Surabaya yang jarang diekspose, yaitu Wisata Kampung Pecinan. Udah pernah denger?

Menyusuri Wisata Kampung Pecinan, Destinasi Wisata Heritage Surabaya

Udah bukan rahasia lagi kalo warga Surabaya ini terdiri dari beragam ras dan salah satu yang paling banyak tinggal di Surabaya adalah masyarakat Tionghoa. Ternyata nih, di Surabaya ada sebuah kampung yang banyak dihuni oleh warga keturunan Tionghoa sejak masa lampau dan penuh sejarah, yaitu Kampung Pecinan.

Sepanjang jalan menuju kampung ini aku udah disambut dengan lampion-lampion cantik serta gapura dengan naga yang menggambarkan suasana khas China Town. Ngga Cuma itu, di Kampung Pecinan ini kamu juga akan menemukan banyak sekali bangunan eksotis yang punya nilai sejarah tinggi, terutama terkait keberadaan orang-orang Tionghoa dan kota Surabaya di masa lampau. Ditambah lagi, kamu akan menemukan mural-mural cantik yang cocok untuk dijadikan sebagai latar berfoto.

Kampung PecinanGerbang Masuk Kampung Pecinan

Kampung Pecinan Surabaya

Destinasi Wisata Heritage Surabaya

Wisata sejarah Surabaya

wisata Surabaya

Kawasan ini konon menjadi saksi peradaban masyarakat Tionghoa di masa pemerintahan kolonial Belanda. Ada beberapa atempat bersejarah di kawasan ini yang sampai saat ini masih berdiri kokoh, misalnya seperti bangunan gudang kayu yang berusia 200 tahun.

Tak hanya menyuguhkan bangunan bersejarah yang eksotis, Wisata Kampung Pecinan ini juga menawarkan salah satu kuliner legendaris khas Tiongkok, seperti Nasi Campur Nyaa Bang Boklan. Konon, kuliner ini sudah ada sejak jaman Belanda dan sekarang dikelola oleh generasi ketiga. Ngga Cuma itu guys, di kawasan ini sekarang ada banyak tenant makanan yang menyajikan ragam sajian khas Tionghoa. Sayangnya, kemaren pas aku kesana banyak yang belom buka jadinya aku ngga bisa cicipin deh.

tempat wisata SurabayaStand Makanan

wisata kota Surabaya

Ini depot nasi campur yang legendaris itu guys

daerah pecinan

Ohya, buat kalian yang ngga makan pork, kalo mau cobain jajan disini kalian harus tanya dulu ya sama penjualnya apakah makanan yang dijual halal atau ngga.

Fakta menarik lainnya tentang Kampung Pecinan ini adalah julukannya sebagai Kampung Kungfu. Hal tersebut karena mayoritas warga Tionghoa yang ada disana dulunya sangat mahir kungfu. Unik banget ya?

kawasan pecinan Surabaya

wisata terkenal di Surabaya

Di Wisata Kampung Pecinan ini juga kerap diadakan beberapa kegiatan yang seru, salah satunya adalah sedekah bumi yang rutin diselenggarakan secara meriah. Sedekah Bumi merupakan tradisi kejawen yang digelar bertepatan dengan tanggal lahir Konghucu. Sayangnya, sejak pandemi, kegiatan Sedekah Bumi tersebut hanya dilakukan selamatan kecil-kecilan. Padahal kalo ngga lagi pandemi, kegiatan tersebut biasanya digelar wayang kulit semalaman suntuk, lho.

wisata terdekat

So, buat kalian yang lagi ada di Surabaya dan ingin menyusuri sisi lain Surabaya yang unik, kalian wajib untuk datang ke Wisata Kampung Pecinan ini. Untuk masuk kesini, sama sekali ngga dikenakan tiket masuk ya guys alias gratis. Selamat berkunjung.

Video by Gotravelly

How to Get There Kampung Pecinan Surabaya

Wisata Kampung Pecinan ini berlokasi di Jalan Kapasan Dalam Gang 2, tepat di belakang Klenteng Boen Bio Kapasan. Emang sih kudu masuk kampung dan gang sempit dulu untuk menuju kesini, tapi kalian bisa langsung menggunakan GMaps untuk menuju ke wisata ini.

Tips and Trick Kampung Pecinan Surabaya

  • Taati protokol kesehatan
  • Jaga kebersihan.
  • Bawa kamera yang bagus.
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data