franky
franky | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
12.34 K3

Sarapan Enak di Warung Kongde, Cumi Hitamnya Favorite!

Warung kongde surabaya

warung kongde ini memiliki menu favorite yaitu Cumi Hitam!!!
Post Content

Ayoo sudah pada kangen sama review aku tentang kuliner Surabaya belum? Oke kemarin aku lagi nyari sarapan di daerah Alun-alun Contong, Bubutan Surabaya. Disini ada pejual nasi kaki lima tapi menu yang ditawarkan banyak banget dan selalu ramai. Nggak heran banyak orang yang ngantri tempat duduk disana karena emang banyak peminatnya tapi sayang tempatnya kurnag nyaman.

Warung kongde surabaya

Warung kongde surabaya
Namanya adalah Warung Kongde. Sesuai dengan namanya tempatnya memang seperti warung dalam sebuah gang. Lokasi persisnya berada di Jl. Bubutan II, Alun-alun contong. Memang tempatnya tidak berada di tepi jalan raya tapi cukup mudah untuk menemukannya karena sudah ada banner yang dipasang jadi nggak bingung deh.

Warung kongde surabaya
Yang menjadi menu favorite disini adalah nasi cumi hitamnya yang enak. Ini juga salah satu menu favorite aku disini. Tapi selain nasi cumi masih ada menu lain yang tentunya juga enak dan bikin kalian bingung mau pilih yang mana haha. Menu tersebut antara lain adalah nasi cmpur, nasi rawon, nasi sop, nasi gule, nasi kotokan pe, nasi madura, nasi krengsengan, nasi ayam penyetm nasi sayur bening. Dan untuk lauknya adalah empal, paru, babat, usus, tahu-tempe, cumi, udang, tongkol, dorang, dan ayam kampung.

Warung kongde surabaya
Warung ini buka setiap harinya mulai pukul 09:00 – 17:00 tapi saran aku dateng lebih awal aja biar nggak terlalu ramai dan lauknya masih lengkap. Soalnya aku pernah datang terlalu siang dann  cuminya habis jadi rugi banget kalau nggak dapet si cumi ini heheh.

Warung kongde surabaya
Seperti biasa kemarin aku pesen nasi campur dengan lauk cumi dan paru. Temen aku yang lain juga pesen sesuai yang mereka mau. Untung aja kemarin masih dapet tempat duduk kalau nggak bakalan kerepotan dan memilih untuk dibungkus makan dirumah saja.

Satu porsi nasi campur disini porsinya menurut aku pas tapi biasa temen aku yang cewek selalu bilang kebanyakan jadi dia selalu pesen nasinya setengah. Mungkin untuk cewek porsinya terlalu banyak kali ya. Nasi campurnya diberi mie goreng, sambel, serundeng, dan lauk yang kita pilih.

Warung kongde surabaya
Paling enak makan nasi campur begini pakai kerupuk jadi jangan lupa tambah kerupuk biar makin sedep makannya. Pertama makan cuminya itu terasa banget kalau bumbu hitamnya rasanya pas, gurih dan manis sangat cocok dengan cuminya yang ukurannya cukup besar dan teksturnya juga empuk dan kenyal, yang penting cuminya nggak alot dan nggak amis guys, karena kan ada tuh penjual yang masak cuminya nggak bener jadi rasanya kadang ada yang masih alot dan amis banget. Kalau sambelnya menurut aku kurang pedes sebagai pecinta pedes kayak aku gini jadi kalian yang pecinta pedes minta banyakin sambel deh biar makin nikmat. Nasinya juga pulen dan masih hangat jadi kalau lauknya dimakan barengan plus krupuk rasanya sungguh mantaabbb!

Kalau untuk harga makanan disini masih terjangkau kok guys selama kalian nggak pesen maruk harganya masih oke dikantong kok hahaha. Overall makanan disni enak dan harganya juga oke, cuman untuk tempat memang kurang memadai karena warung kaki lima. Oke guys buat kalian yang mau nyari sarapan atau menu makan siang enak di daerah Surabaya khususnya bubutan bisa banget nyobain makan di Warung Kongde karena rasanya enak, menunya banyak, dan harga bersahabat. Selamat mencoba ya guys!

Opening Hours
09:00 - 17:00
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data