brandonkeren
brandonkeren | Sightseeing
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
3.54 K2

Rawon Setan Bu Sup: Kuliner Legendaris Paling Istimewa di Surabaya

rawon setan bu sup

rawon setan bu sup ini memang memiliki cita rasa yang khas dan sudah legendaris di Surabaya.
Post Content

Kalo ditanya soal kuliner apa yang paling recommended buat dicoba di Surabaya, pasti jawabannya adalah Rawon Setan. Pasti kalian udah pada tau lah ya kalo rawon ini adalah kuliner khas Surabaya yang enaknya ngga ada duanya, kalian juga ngga bakal bisa nemuin kuliner ini di daerah lain selain Surabaya. Yaa meskipun beberapa tempat di luar kota Surabaya udah mulai banyak yang menyajikan rawon, tapi rasanya pasti beda dengan rawon yang ada di Surabaya. Semalem aku mulai gabut dan kelaparan, rasanya pengen banget kulineran yang enak-enak di Surabaya, mumpung baru gajian. Hahaha... Akhirnya aku pun mutusin buat pergi ke Rawon Setan Bu Sup yang ada di Jalan Embong Malang no 42 A.

rawon setan bu sup

Kalo kalian searching Rawon Setan di Surabaya, maka kalian akan menemukan banyak sekali penjual dan rata-rata mereka semua ngakunya kalo mereka adalah penjual rawon setan yang asli. Kalo boleh sedikit cerita nih guys, rawon setan ini dulunya pertama kali dirintis pada tahun 1953 oleh Musiati. Warung rawon ini punya jam buka di tengah malam, yaitu jam 2 dini hari sampe pagi hari soalnya warung ini melayani pekerja malam. Kemudian Ibu Musiati berhenti dari usaha ini dan diteruskan oleh Ibu Endang dan Bu Supiah yang merupakan cucu dan menantunya. Awalnya mereka bergantian berjualan, tapi kemudian mereka memutuskan untuk membuka warung sendiri-sendiri dengan tetap menggunakan nama Rawon Setan tapi dengan penambahan nama mereka.

rawon setan bu sup

Nah, rawon yang aku cobain kemaren adalah Rawon Setan Bu Sup. Warung ini menyajikan dua pilihan rawon yaitu Rawon Biasa dan Rawon Buntut. Selain rawon, warung ini juga menyajikan Nasi Osek yang bisa kalian pesen kalo kalian gak doyan makan rawon. Makanan ini terdiri dari beberapa potongan daging sapi yang dibaluri bumbu rendang. Warna juga kuning soalnya ngga pake keluwak. Karena kemarin aku kesininya bareng sama salah satu temen kantor dan dia pesen ini. Katanya sih rasanya enak!

rawon setan bu sup

Kemarin sih aku pesen Rawon biasa guys. Rawon ini disajikan dimangkok yang terpisah dengan nasinya. Kuah dari rawon ini berwarna hitam pekat dengan potongan daging sapi yang besar, kemudian juga dilengkapi dengan taburan bawang goreng, tauge dan sambal. 

rawon setan bu sup

Meskipun nama “Setan” biasanya kerap dihubungkan dengan nama kuliner yang pedas, tapi rasa dari rawon ini sama sekali ngga pedes guys. Kalo kalian suka pedes, kalian bisa campurkan sambal biar rasa gurihnya kuah rawon semakin mantap dan pedes. Yang paling aku suka sih tekstur dari potongan daging sapinya yang empuk banget juga besar-besar, bener-bener bikin ketagihan.

rawon setan bu sup

Kalo kalian berasa kurang makan dagingnya, kalian bisa menambah lauk seperti telur asin, tempe mendhol, perkedel, gorengan paru, limpa, babat dan usus. Kalo favorit aku sih tiap makan rawon mesti pake telur asin guys. Enak banget!

rawon setan bu sup

Overall, aku suka banget makan Rawon Setan Bu Sup ini. Rasanya bener-bener enak dan nagihin, selain itu harganya juga ngga bikin kantong jebol. Seporsi rawon biasa ini diberi harga sekitar 30 ribuan. Udah murah, bikin kenyang pula. Top banget lah!

So, kalian kalo main ke Surabaya, jangan lupa cicipi lezatnya Rawon Setan Bu Sup ini. Warung ini bisa kalian kunjungi setiap harinya mulai jam 9 pagi sampe jam 1 dini hari. Jadi, kalo kalian laper tengah malem, Rawon Setan ini cocok banget buat dijadikan jujugan. Selamat mencoba!

Video by Mas Antokoe

SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data