aldilasalma
aldilasalma | Explorer
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
9420

Socra Cafe, Cafe Ala Jepang yang Nggak Berasa Jepangnya

Socra, cafe yang udah sering aku lewatin dan akhirnya mampir. Ternyata diluar ekspektasi.
Post Content

Masih dalam mencari tempat ngopi yang enak buat kerja, beberapa hari lalu aku mutusin buat nyobain Socra. Salah satu coffee shop yang sebenernya udah cukup lama aku tahu, tapi belum tertarik aja buat datengin. Karena kemarin lagi butuh kopi dan pengen nyobain coffee shop yang belum pernah dicoba, akhirnya aku mampir.

socra caf cafe
Bagian depan Socra Cafe

Namanya Socra yang ada di Jalan Raya Kedung Baruk, Surabaya. Lokasinya berada di ruko Rich Palace. Cukup gampang untuk menemukannya karena lokasinya yang terlihat jelas dari jalan raya. Oiya sebelum kesini aku udah coba lihat beberapa review dari Socra ini, dan brandingnya sih Socra ini adalah coffee shop dengan tema ala Jepang. Ini dia Instagramnya buat kamu yang mungkin juga penasaran klik disini. Saatnya kita review~

 
cafe daerah rungkut
Lantai 1 Socra Cafe

Masuk di lantai 1 kita bisa langsung pesen ke waitersnya. Untuk pilihannya sama seperti coffee shop lain ya, ada pilihan menu kopi dan non kopi. Karena datang ke coffee shop kurang lengkap kalau belum nyobain kopinya. Jadi kemarin aku pesen Walnut Coffee, dan untuk non kopinya aku pilih sesuai rekomendasi waitersnya yaitu Raspberry Choco Rum. Untuk makanannya aku pesen yang murah aja yaitu Tiramisu Crunchy Toast.

Di lantai 1 ini bisa dilihat kalau ada beberapa bangku. Tapi menurut aku tata ruangnya terlalu padat jadi jarak antar meja satu ke meja yang lain cukup dekat. Untuk ruanganya punya lighting yang warm. Kalau brandingnya adalah cafe Jepang menurutku aku nggak dapet vibes itu. Hanya ada beberapa ornamen khas Jepang dan itu nggak cukup untuk menggambarkan Socra = cafe Jepang.

kafe nugas di surabaya
Lantai 2 Socra Cafe

socra espresso crafter
Smoking Area Socra Cafe

Kemarin aku pilih duduk di lantai 2. Dan yaa.. ternyata sama. Kesanku pertama melihat ke lantai 2 adalah sempit. Masih sama, setiap meja berdekatan dan sentuhan ala Jepangnya sangat minim. Hanya ada lukisan ala Jepang, dan itu tidak lagi-lagi tidak membuat kesan bahwa cafe ini adalah cafe Jepang.

menu socra espresso crafter

Walnut Coffee dan Raspberry Choco Rum

Setelah menunggu kurang lebih 15 menit, pesanan aku datang. Pertama aku mau coba yang Walnut Coffee. Untuk rasa kopinya sendiri cukup berasa walaupun nggak terlalu pekaat. Konsistensi kopinya cenderung ke encer dan bukan tipe kopi yang creamy. Walnutnya nggak terlalu strong, hanya berasa samar. Ini jenis ice coffee yang bisa dinikmati pemula sih kalau menurut aku.

tempat ngopi di rungkutWalnut Coffee Rp 32.000,-

Selanjutnya untuk minuman non kopinya ada Raspberry Choco Rum. Kalau minuman yang ini cukup unik sih. Tegukan pertama mengingatkanku dengan Ice Blackforest yang pernah aku pesen di Ludic Cafe Surabaya. Ya, rasanya perpaduan dari raspberry, cokelat, dan rum. Tapi menurut aku sendiri rasa rumnya nggak begitu kuat, jadi yang dominan adalah raspberry dan cokelat.

menu socra terbaru
Raspberry Choco Rum Rp 30.000,-

 

Terakhir untuk makanannya ada Tiramisu Crunchy Toast. Jujur ini sangat diluar ekspektasi aku. Yang aku bayangkan saat membaca menu toast adalah roti tawar bakar seperti kalau biasa kita makan toast di salah satu brand kopi terkenal itu. Tapi yang datang adalah roti tipe soft baguette, yang menurut aku nggak cocok untuk dijadikan toast dengan isian selai seperti ini. Karena kalau aku pribadi lebih suka soft baguette untuk roti isi atau savory. Begitu mencoba satu potong terasa banget kalau roti ini keras, plain, dan seret. Isian selainya sendiri tidak merata. Aku hanya bisa makan beberapa potong saja dan tidak bisa menghabiskannya. Memang untuk harganya ini termasuk menu termurah, tapi sepertinya dengan harga Rp 20.000++ bisa menggunakan roti yang lebih pas.

menu makanan di socra espresso crafter

Tiramisu Crunchy Toast Rp 20.000,-

Oke guys, itu dulu review aku tentang Socra. Kalau aku pribadi cukup sekali saja berkunjung kesini, karena dengan rate harga yang bersaing masih ada coffee shop lain yang menawarkan tempat dan makanan yang lebih bagus.

Opening Hours
09.00 - 22.00
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data