Jehan
Jehan | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
1.4 K0

Kinfolk Kafija Ruang Imut yang Asyik Buat Nongkrong Sore

cafe di surabaya

Kecil-kecil cabe rawit, kayaknya itu ungkapan klasik yang pas buat ngasih julukan ke cafe di Surabaya Selatan ini deh.
Post Content

Kinfolk Kafija hidden coffee bar

Memang ya, Surabaya enggak pernah kehabisan soal tempat nongkrong...selalu ada aja yang terbaru. Tapi ada juga yang tiba-tiba menghilang karena sepi sih. Jadi beberapa waktu yang lalu aku sempat meet up sama teman di daerah Ketintang Surabaya, dan dia merekomendasikan sebuah tempat ini untuk kami berdua.

Waktu aku ke lokasi kemarin hanya berbekal ngikutin petunjuk arah dari Google Maps. Lalu titik posisi lokasi diarahkan ke sebuah salah satu ruko yang ada di Gayungan. Tapi setelah memperhatikan sekitar aku tidak dengan mudah menemukan lokasi Kinfolk Kafija.

Setelah beberapa saat ada seorang bapak tukang parkir yang sepertinya sudah mengamatiku sedari awal memasuki area ruko tersebut. Bapak tersebut akhirnya bertanya apakah aku sedang mencari sebuah cafe? mendengar pertanyaan itu, enggak pakai lama aku langsung menganggukkan kepala.

Akhirnya aku mendapat arahan jika cafe yang sedang ku cari tersebut berada tepat di depanku. Hanya saja memang tidak ada palang nama sebagai penanda di sana. Sesuai dengan arahan bapak tersebut, aku diminta naik langsung ke lantai 3. Buat siapa saja yang berencana ke Kinfolk untuk kunjungan pertama kali, patokan lokasi mereka adalah barber shop di lantai dasar. Tapi kalau masih bingung, yaa kamu bisa tanyakan pada orang yang terlihat di area ruko ya.

cafe di surabaya selatan
space 1 di kinfolk kafija

cafe di ketintang dekat kampus
space 2 di kinfolk kafija

cafe kinfolk kafija surabaya selatan
space 3 di kinfolk kafija

KNFLK- Kinfolk Kafija
Melewati lantai dasar lalu lanjut ke lantai dua dan akhirnya sampai ke sebuah pintu bertuliskan Kinfolk Kafija. Sedari awal memasuki ruang ruko ini aku sudah disambut dengan gaya interior kekinian banget, yakni gaya industrialis berwarna abu.

Ada beberapa dekorasi yang mereka tempel di tangga, seperti poster bergambar hotdog atau sandwich dengan desain visual bergaya retro berwarna ceria. Aku terkesan karena sore itu aku datang ke sebuah cafe yang identik menjadi tempat nongkrong dan harus menaiki 3 lantai terlebih dahulu.

Awalnya aku sempat berpikir tempat yang direkomendasikan temanku ini adalah sebuah cafe dengan ukuran besar. Tapi sesampainya di lokasi ternyata, ini seperti hidden gem yang cukup mainstream banget sih menurut aku.

Meski konsep interior mainstream, tetap aja unik sih. Cafe ini punya vibesnya sendiri sebagai tempat nongkrong, dan itu cukup terbukti dengan selama aku menghabiskan waktu di sana pengunjung cafe semakin bertambah.

Sisi Rooftop Ruang Andalan Kinfolk Kafija

Selain keunikan dari ide sebuah tempat yang seakan mengajak untuk menemukan sebuah hidden gem, aku menemukan daya tarik lain dari Kinfolk Kafija yakni rooftop dilantai 4 mereka.

rooftop cafe di surabaya
rooftop cafe kinfolk kafija

Ku kira berhenti di lantai 3 ternyata tidak dong, kejutan tempat yang nyaman buat nongkrong pas sore atau malam ya ada di lantai 4. Dari lantai 4 mereka, kamu akan mendapat pemandangan sedikit lebih tinggi yang menunjukkan kepadatan kota Surabaya.

Tapi sayang, waktu aku kesana suasana masih cukup terang di mana matahari belum benar-benar tenggelam. Alhasil suasana terik kota Surabaya masih terasa. Tapi meski masih terasa terik matahari, aku cukup heran juga dengan muda-mudi yang bisa memilih lantai 4 sebagai spot nongkrong mereka.

Menu dari Kinfolk Kafija

Cafe dengan deskripsi sebagai coffee bar ini memiliki menu minuman yang cukup banyak variannya. Mulai dari soda, kopi, teh, hingga minuman dengan racikan dasar susu ada banyak pilihan di sana.

Berbanding terbalik dari menu minumannya yang cukup banyak, menu makanan dari cafe ini hanya ada camilan. Itu pun hanya dua jenis camilan, yakni donat dan potato wedges.

kinfolk kafija cafe rooftop di surabaya selatan
menu kinfolk kafija

Virgin Mojito

Glass Rp22.000 / Can Rp25.000

Minuman dengan based soda ini memiliki perpaduan rasa manis dengan sedikit asam yang membuatnya terasa segar. Memang ya minuman soda itu menggiurkan dengan cuaca panas kota Surabaya.

harga menu di kinfolk kafija knflk
knflk dua varian minuman

Latte Ice

Glass Rp22.000 / Can Rp25.000

Menurut aku, perpaduan susu dan kopi atau latte ice yang diformulasikan dari cafe ini cukup pas. Rasa creamy dari Latte Ice mereka tidak begitu terasa, justru lebih kuat rasa espresso. Not good not bad.

Donat & Potato Wedges

harga makanan di kinfolk kafija knflk
potato wedges

Menurut aku enggak ada yang begitu spesial dari menu camilan yang mereka tawarkan. Kedua rasa dari camilan yang tersedia di sana tidak bisa dibilang enak banget. Cukup lah...

Harga Donat: Rp9.000

Harga Potato Wedges: Rp25.000

END

Menurut aku cafe ini bisa menjadi salah satu tempat melepas waktu luang bareng teman yang asyik. Atmosfer yang ada di Kinfolk ini sangat nyaman untuk menjadi ruang ngobrol santai.

Tapi kalau kamu butuh rekomendasi tempat yang nyaman dengan menu yang enak, sepertinya cafe ini masih sedikit kurang sih. Harga dan rasa kurang sebanding, tapi kalau sebuah pengalaman nongkrong asyik mungkin itu sebanding.

Buat kamu yang penasaran sama cafe di Surabaya Selatan ini, kamu bisa kepoin mereka melalui akun media sosial Instagaram kinfolk.kafija.

Opening Hours
07:00 - 23:00 WIB
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data