Jehan
Jehan | Tourist
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | halal
9960

Ada Rasa Jadul dan Memori Nostalgia di Zangrandi

Post Content

Ada banyak hal menarik yang bisa dicoba ketika berada di Surabaya. Termasuk salah satunya, mengikuti peta jelajah kulineran di kota tersebut. Ada yang bilang, jika berkunjung ke kota Surabaya akan terasa lengkap apabila belum menyempatkan waktu untuk mencoba salah satu ikon kulineran legendaris dari kota Pahlawan tersebut.

Sore itu aku berjalan kaki dari arah alun-alun menuju ke utara untuk sampai pada salah satu gerai es krim legendaris di kota itu. Kira-kira jika berjalan kaki santai aku hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit.

Menurut aku, sesekali berjalan sambil menikmati suasana kota di sore hari itu bisa menjadi salah satu rehat sejenak untuk menyegarkan kembali pikiran. Apakah kamu setuju dengan ide itu?

Sesaat sesampainya di Zangrandi, terdengar lagu jazz lawas yang saat ini sering dikenal dengan judul "fly me to the moon" oleh musikus lokal di sana. Rupanya gerai tersebut memiliki atraksi live music di sore hari.

zangrandi di yos sudarso surabaya
sisi ruang - ice cream zangrandi 

Terlihat nuansa bangunan lawas yang khas dari Zangrandi, warna cat kuning dipadukan dengan warna merah serta biru, menjadi salah satu ciri dari mereka. Pada sisi depan gerai mereka terlihat tulisan Zangrandi - since 1930. Bagaimana tidak legendaris, jika usia es krim ini saja lebih dari umur kemerdekaan negara dan masih bertahan sampai sekarang.

Siapa saja akan melihat nuansa klasik dari gerai es krim terkenal ini, baik dari eksterior hingga pilihan interiornya. Deretan meja serta kursi anyaman tertata dengan rapi mengisi ruang di Zangrandi. Warna lampu yang dipilih pun cenderung cahaya warm light yang semakin membuat nuansa lawas semakin dekat. Ada juga beberapa bingkai foto koleksi surabaya tempo dulu yang menghiasi dinding bagian dalam ruangan Zangrandi.

zangrandi surabaya
nuansa lawas - ice cream zangrandi

Ketika memilih tempat duduk, pramusaji akan mengantarkan buku menu. Ketika kulihat, Zangrandi sebagai gerai es krim ini menyediakan menu camilan kentang goreng saja. Selebihnya yang tertera di buku menu mereka hanya jenis sajian beverages. Meski hanya seputar minuman, namun mereka menyediakan variasi yang cukup beragam.

menu di zangrandi
buku menu - ice cream zangrandi

es krim menu di zangrandi
varian menu - es krim zangrandi

  • Noodle Ice Cream (Rp54.000)

Kata seorang pramusaji di sana, Noodle Ice Cream adalah salah satu menu best seller yang banyak dipilih oleh pengunjung. Dari tampilannya terlihat es krim yang berbentuk salur-salur panjang, menyerupai mie yang disajikan dalam sebuah wadah kaca berukuran kecil sedikit cembung. Tak lupa ada topping cokelat dan taburan kacang dan satu buah astor. Mereka pun juga meletakkan satu buah ceri merah sebagai garnishnya.

Saat mencicipi Noodle Ice Cream, lidahku merasakan rasa manis yang hampir mirip dengan gulali gula. Ada sedikit rasa serta aroma vanila yang menjadi taste utama dari es krim tersebut. Menurut aku perpaduan topping yang ada di varian Noodle Ice Cream Zangrandi ini sangat melengkapi keseluruhan rasa dari sajian menu tersebut.

noodle ice cream di zangrandi surabaya
noodle ice cream - zangrandi

  • Single Scoop (Rp33.000)

1 Single Scoop yang aku pilih adalah rasa cokelat. Saat mencicipinya, sama seperti taste dari Noodle Ice Cream sebelumnya, perisa cokelat hanya terasa tipis dilidah. Selebihnya es krim ini memiliki tingkat manis yang tak jauh berbeda dari es krim sebelumnya. Hanya saja sesuai dengan namanya 1 Single Scoop, es krim ini disajikan tanpa topping apa-apa.

es krim legendaris zangrandi
one scoop chocolate - ice cream zangrandi

END

Es krim Zangrandi memiliki tekstur berpori yang sangat khas. Jika mencicipinya, kamu akan bertemu dengan tekstur halus namun bukan selembut menikmati es krim yang creamy. Meski aku kurang cocok dengan rasa manis pada es krim mereka yang cukup lekat tersebut, secara keseluruhan dari segi tekstur, taste,serta mudah cairnya es krim  yang ada pada Zangrandi menjadikan sajian es krim jadul mereka semakin terasa otentik. Ketika mencobanya, aku dibuat ingat dengan jajanan es krim jaman bocah.

Berkunjung ke Zangrandi yang ada di seberang gedung DPR Surabaya ini layak dipilih sebagai salah satu rekomendasi jujugan kuliner legendaris. Segala suasana serta rasa dari menu mereka akan membawa pada memori nostalgia dari sebuah es krim. Bagaimana menurutmu? Kini Zangrandi telah melebarkan sayapnya dengan membuka beberapa gerai di kota lain, bahkan di Surabaya pun ada beberapa cabangnya. Meski begitu, tetap saja tumpuan pertama dari es krim ini ada di jalan Yos Sudarso. Mungkin lebih lanjut kamu bisa cek Instagram mereka di sini.

Opening Hours
Setiap hari, pukul 10:00 - 22:00 WIB
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data