vidya94
vidya94 | Sightseeing
Sleman, Yogyakarta, Indonesia | halal
6.27 K4

Chingu Korean Fan Cafe : Kafe dengan Miniatur Kota Seoul di Jogja

chingu korean fan cafe

Kalian penggemar drama korea dan masakan korea? Harus coba deh buat berkunjung ke kafe ini. Selain pilihan makanan dan minuman yang bervariasi, konsep miniatur Kota Seoulnya lucu banget :)
Post Content

Kota Jogja selain kental dengan budaya dan kearifan lokal, juga menyuguhkan berbagai macam kuliner yang kekinian. Kota yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu gudeg, ternyata juga dapat memuaskan para kpopers yang ingin merasakan hidangan korea dan suasana yang korea banget. Chingu Cafe inilah tempatnya. Kafe ini terletak di Jl. Pandega Karya No. 18, Jl. Kaliurang No.KM 5.6, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Liburan kali ini, saya dan teman saya sengaja mengunjungi kafe ini karena sudah lama penasaran. Selain jumlah menunya yang sangat banyak, konsep kafenya sangat bagus dijadikan sebagai spot foto karena terdiri dari miniatur beberapa kota di Korea Selatan. Sesampainya di sana, desain dan konsepnya benar-benar dibuat sekorea itu, lho. Ada miniatur Kota Seoul dengan ditandai bangunan dengan tulisan Seoul Station, Daerah Cheongdamdong yang biasanya digunakan sebagai latar shooting drama, Bukchon Village, dan bagi kalian yang ingin makan secara privat, dapat memilih kawasan Hongdae apabila tidak terlalu suka dengan keramaian.

Kafe ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 pagi. Nah, sistemnya adalah kita harus antre terlebih dahulu dengan menulis nama di buku pengunjung yang sudah disediakan. Kami sengaja datang pukul 10.00 untuk mendapatkan nomor antrean. Benar saja, kami dapat antrean nomor 1. Sepertinya dibatasi jumlah pengunjung di dalam demi kenyamanan bersama. Tenang kok, sudah disediakan kursi berjajar untuk para pengunjung yang antre jadi tidak perlu capek-capek berdiri. 

Tampak depan, resto ini sudah terlihat cozy karena didominasi warna putih dan pink. Selain itu, juga terlihat poster-poster artis kpop dan tulisan Hangeul. Di bagian depan, didesain seperti halte bus. Wah dari depan saja sudah cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Ohya, bagi kalian yang membawa kendaraan roda empat ataupun dua juga tidak perlu khawatir karena tempat parkirnya nyaman dan sangat luas.  :)

chingu korean fan cafe
Tampak Depan Chingu Cafe

chingu korean fan cafe
Tempat Parkir Kafe (Kiri) dan Tempat Antre Pengunjung (Kanan)

Ketika memasuki kafe ini, kami disambut oleh para waiters dan waitresses yang sangat ramah. Kemudian mereka akan bertanya kami mau makan di mana. Di indoor bagian depan atau semi outdoor di bagian belakang. Kami memilih semi outdoor karena agar lebih mudah untuk berfoto-foto. Untuk bagian depan, desainnya didominasi kayu. Kita bisa duduk di kursi atau lesehan. Selain itu, ada hiasan bunga sakura menambah kesan berada di korea saat musim semi. Seperti di drama korea, kebanyakan restoran korea sangat terbuka dengan kritik dan saran dari pengunjung sehingga disediakan memo kecil untuk para pengunjung. Konsepnya pun beragam. Ada yang berbentuk buku, ada juga yang digantung di pohon. Nah, kafe ini juga demikian. Ada tiga pohon cemara yang penuh dengan memo memo dari pengunjung. 

chingu korean fan cafeIndoor Bagian Dalam (Kiri) dan Pohon Memo (Kanan)

Ketika  memasuki kawasan semi outdoor di bagian belakang, kami disambut oleh sungai kecil buatan yang airnya jernih dan suasana perkotaan di korea. Spot ini disebut sebagai spot yang menjadi ikon Kota Seoul yaitu Sungai Cheonggyecheon. Selain itu, juga ada replika dari Dongdaemun Street yang juga merupakan kawasan hits di korea. Kanan-kiri di sepanjang jalan ini dibuat pertokoan, kedai-kedai kecil, dan toilet umum yang dindingnya dicat warna warni dan plang bertulisan hangeul sehingga menambah kesan nyata suasana di korea. Namun, karena kafe ini tidak pernah sepi pengunjung, kami harus bersabar untuk bisa berfoto di sana agar mendapatkan hasil foto yang maksimal. 

 

chingu korean fan cafe

Replika Sungai Cheonggyecheon 


chingu korean fan cafe

chingu korean fan cafe

chingu korean fan cafe
Replika dari Dongdaemun Street

Bagi teman-teman yang ingin menikmati hidangan dan bersantai bersama keluarga namun menginginkan suasana indoor namun tetap instagrammable, tidak ada salahnya untuk mencoba spot kafe indoor ini karena suasana koreanya masih terasa karena pada dindingnya  sudah dipenuhi pajangan foto artis korea.

chingu korean fan cafeSpot Indoor Cafe

Saya dan teman saya sengaja memilih spot dengan latar Bukchon Village karena ingin mendapatkan kesan syahdu daerah pedesaan korea.  Suasana pedesaannya sangat kental karena bangunannya dibuat semirip mungkin dengan pondok tradisional korea, dengan meja kursi kayu, dan bantal duduk karena konsepnya lesehan.

chingu korean fan cafeSpot bertema Bukchon Village

Setelah kami memilih tempat, seorang waiter datang sambil membawa buku menu dan bertanya apakah kami sudah pernah ke sana. Karena jika baru pertama kali berkunjung, pasti bingung karena buku menunya ditulis dalam bahasa inggris atau korea dan harganya tertera dalam won. Kami diberi tahu bahwa untuk mengonversikan ke dalam rupiah, kami cukup menambahkan satu digit angka 0 di belakang harga yang tertera. Ini berarti (1 won = Rp. 1), meski tidak sama persis namun cukup dekat dengan konversi aslinya. Wah lucu yaaa. Selain itu, kalian tidak perlu bingung jika merasa asing dengan menu-menu yang tertera karena ada keterangan komposisi menu itu terbuat dari apa dalam bahasa inggris dan dalam bahasa korea. Berikut merupakan menu yang saya ambil dari instagram @hargamenujogja. Ini baru beberapa yaa, karena saking banyaknya menu khas korea mulai dari toekpokki, jjajangmyoen, jumukbap, kimbap, kimchi, dan masih banyak lagi. Untuk harganya pun masih terjangkau yaitu makanan mulai dari Rp.5900-Rp.99.000 sedangkan minuman mulai dari Rp. 6900-Rp. 29.900. Teman-teman bisa menyesuaikan sesuai budget sekali makan.

chingu korean fan cafe

chingu korean fan cafe

chingu korean fan cafe
chingu korean fan cafe

chingu korean fan cafe

chingu korean fan cafe

chingu korean fan cafe

Menu Makanan dan Minuman

Kami memesan jjajangmyeon, japchae, kimchi, korean milk tea, dan chingu K-squash varian boice. Setelah menunggu beberapa saat, pesanan kami pun dihidangkan. Oleh waiter, kami diberikan set perlekangkapan makan ala korea yaitu satu buah sumpit logam dan satu buah sendok logam.

Untuk jjajangmyeon sendiri adalah mi dengan saus pasta kedelai hitam di atasnya yang dicampur dengan potongan daging sapi dan sayuran. Jjajang artinya goreng dan myeon artinya mi. Menu ini sangat populer di korea. Tekstur dari jjajangmyeon ini mienya sangat tebal karena terbuat dari tepung gandum. Rasanya cukup manis tapi tidak bikin eneg dan porsinya sangat banyak! Harganya 2490 won atau Rp. 24.900. Kita juga bisa memilih tingkat kepedasan ya, dari mild, hot, atau super hot. Sedangkan japchae adalah sohun yang dicampur dengan potongan daging sapi dan sayuran. Sayurannya terdiri dari wortel, jamur shittake, bawang bombay. Rasanya gurih. Jujur, kami paling suka yang japchae karena paling cocok dengan lidah orang indonesia. Harga dari japchae ini adalah 2590 won atau Rp. 25.900. Terdapat dua pilihan varian yaitu original atau spicy. Menu ketia adalah kimchi. Kami sengaja menjajal menu ini karena penasaran mengapa kimchi selalu dihidangkan sebagai pendamping lauk orang korea kalau makan. Kimchi sendiri merupakan asinan sayur hasil fermentasi. Sayurnya sendiri terdiri atas sawi putih atau lobak. Rasanya cukup keras bagi kami, dan beberapa orang indonesia memang cukup sulit untuk menerima cita rasa dari kimchi ini. Harga dari kimchi ini adalah 590 won atau Rp. 5900. 

chingu korean fan cafe

Makanan dan Minuman yang Kami Pesan

 

chingu korean fan cafe

Kimchi (Kiri) dan Japchae (Kanan)


chingu korean fan cafe
Jjajangmyeon

Untuk minuman, teman saya memilih korean milk tea. Terdapat berbagai varian rasa mulai dari coklat, strawberry, greentea, taro, dan lain sebagainya. Salah satu kelebihan dari kafe ini adalah benar-benar memfasilitasi selera dari masing-masing pengunjung. Karena di setiap menu selalu ada pilihan varian, atau banyak gula (sedikit, sedang, banyak), dengan tambahan topping atau tidak, atau jumlah es yang banyak atau tidak. Namun tentu jika menambah topping diberikan harga tambahan. Harga dari milk tea ini adalah 1990 won atau Rp. 19900. Jika ingin menambah topping pudding diberi tambahan 350 won atau RP. 3500 atau jelly seharga 450 won atau Rp. 4500. 

Karena saya pecinta band korea CNBLUE saya sengaja memesan Chingu K-squash yang varian Boice's Instution rasa vanilla. Fyi, Boice adalah sebutan untuk fans CNBLUE. Untuk teman-teman yang merupakan fandom lain, tidak perlu khawatir karena ada banyak varian dengan menyisipkan nama fandom seperti Sone's Fantasy, Hottest Legend, dan lain lain. Selain tampilannya yang warna-warni, sendok pengaduknya juga didesain logo fandom. Menarik kan? Memuaskan para kpopers pokoknya ya! Untuk harga dari Chingu K-squash ini 1290 won atau Rp. 12.900.

 

chingu korean fan cafe
Boice's Instution (Kiri) dan Korean Milk Tea (Kanan)

Setelah selesai makan dan merasa kenyang, kalian masih boleh kok berkeliling lagi dan cari spot foto lagi. Karena di kafe ini setiap sudutnya memang dimanfaatkan untuk membuat landmark korea semirip mungkin. Untuk fasilitas umum seperti toilet juga ada ya, bahkan desainnya lucu banget. Ada foto Park Bo Gum menyambut hehe. Bahkan toilet pun bisa dijadikan background foto. 

chingu korean fan cafe

chingu korean fan cafe
chingu korean fan cafeBeberapa spot foto di Chingu Cafe

Wisata kuliner kali ini jujur memuaskan! Saya sangat merekomendasikan kalian untuk mencicipi makanan korea dengan suasana Kota Seoul. Karena memang dari segi desain dan konsep sangat totalitas. Dari segi makanan dan minuman juga ada banyak variannya. Kebersihan sangat dijaga dan dari harga juga masih terjangkau. Jadi kalau liburan ke Jogja, dan ingin mencoba kafe trendy, mungkin kafe ini dapat dijadikan salah satu referensi yang patut dicoba. 

Opening Hours
Setiap hari 11.00-23.00
SUGGESTED PARADISE
No data
SUGGESTED CULINARY
No data