Oleh oleh

15 Oleh oleh Bandar Lampung Khas dan Tempat Membelinya

Hal wajib yang tidak boleh ketinggalan untuk dibeli ketika ke Bandar Lampung adalah oleh oleh. Ada banyak makanan khas Lampung yang dijual di pusat oleh oleh dan tentunya punya rasa khas. Berikut ini adalah oleh oleh Bandar Lampung serta tempat membelinya:

Oleh Oleh Bandar Lampung :

1. Keripik Pisang Gang PU

lampungpro.co

Khusus di area gang PU dijual aneka keripik pisang khas Lampung yang bisa kamu kunjungi. Banyak toko yang tersedia bukan hanya satu, jadi kamu harus bertanya kepada orang sekitar mana yang terbaik. Contoh nama toko keripik pisangnya ada Askha Jaya, Karya Mandiri dan masih banyak lagi.

Olahan keripik pisang yang ada di Gang PU memiliki rasa yang khas. Ada cokelat, taro, green tea dan masih banyak lagi. Bahkan kamu juga bisa membeli kopi lampung sampai dengan kemplang loh. Harga perkilonya sekitar Rp40.000.

Lokasi Keripik Pisang Gang PU ada di Jl.Pagar Alam, Segala Minder, Kec.Tanjung Karang Baru, Kota Bandar Lampung

2. Damarian Shop

google.com

Berikutnya untuk oleh oleh Lampung kamu bisa membelinya di Damarian Shop. Berada di dekat pintu masuk tol membuat Damarian Shop sangat mudah ditemukan. Produknya juga lengkap mulai dari keripik pisang sampai dengan sambal khas Lampung yang sudah dikemas.

Apabila kamu ingin membeli produk selain dari makanan maka bisa membeli kaos atau kain tapis. Wisata belanja oleh oleh di satu tempat saja sudah bisa mendapat banyak jenis. Harganya memang lebih mahal dibandingkan keripik pisang Gang PU tapi dijamin memuaskan.

Lokasi Damarian Shop ada di Jl.Ryacudu No.7, Sukarame, Bandar Lampung

Jam operasional: 08.00-21.00 WIB

Harga keripik per250 gram kisaran Rp15.000

3. Banana Foster – Oleh-oleh Bandar Lampung

tokopedia.com

Masih berbau tentang makanan, selanjutnya adalah Banana Foster. Sesuai dengan nama tokonya, Banana Foster menyediakan beragam olahan pisang dengan berbagai rasa. Ada keju, kacang, caramel, nutella dan masih banyak lagi.

Aneka keripik juga bisa kamu dapatkan seperti keripik pisang, kemplang dan lainnya. Masih satu area dengan Damarian Shop kamu bisa mengunjungi dua tempat bergantian. Kue pisang khas Lampung yang satu ini tentunya bisa membuat keluarga di rumah bahagia.

Lokasi Banana Foster ada di Jl.Wolter Mongonsidi No.115, Bandar Lampung.

Jam operasional: 07.00-22.00 WIB

Harga kuenya kisaran Rp50.000

4. Bakso Sony Lampung

travel.kompas.com

Siapa bilang oleh oleh Bandar Lampung hanya ada keripik pisang dan olahan pisang saja?. Bakso Sony contohnya bisa menjadi salah satu oleh oleh yang dikemas dalam bentuk beku. Jika ingin menikmati baksonya langsung di tempat juga bisa dan jangan kaget kalau cabangnya rame.

Selain punya produk frozen food bakso yang enak, Bakso Sony Lampung juga punya pempek khas. Seluruh produknya bisa dijadikan oleh-oleh dan rasanya tidak kalah dengan membeli di tempat langsung. Untuk lokasi Bakso Sony tersebar di beberapa tempat khusus Bandar Lampung.

Salah satu lokasi Bakso Sony Lampung ada di Jl.Yos Sudarso, No.175, Panjang Utara, Bandar Lampung

Jam operasional: 10.00-20.00 WIB

Harga bakso beku per 50 butir Rp120.000

5. Toko Manisan Yen-Yen – Oleh-oleh Bandar Lampung

tripadvisor.co

Apabila kamu ke Lampung dan menyempatkan main ke pantai maka disarankan untuk mampir ke sini. Lokasinya satu arah dengan beberapa pantai di Lampung sehingga kamu bisa mampir. Namanya hampir seperti nama China karena lokasi rukonya mayoritas keturunan China.

Beragam manisan seperti mangga, papaya, pala dan lainnya tersedia di sini. Masih ada lagi dodol durian dan lempok durian yang jarang dijual di toko lain. Sebelum membali kamu boleh mencoba testernya terlebih dahulu. Jadi, kamu bisa memastikan apakah rasanya cocok.

Lokasi Toko Manisan Yen-Yen ada di Jl.Ikan Kakap No.86, Pesawahan, Kota Bandar Lampung.

Jam operasional: 07.30-21.00 WIB

Harga kisaran Rp9.000 ke atas.

6. Singgah Pay

tribunnews.com

Khusus bagi kamu yang sudah menemukan cukup oleh oleh Bandar Lampung dari segi makanan bisa langsung mencari baju. Kain tapis menjadi salah satu oleh oleh yang direkomendasikan. Siger khas Lampung juga bisa kamu beli di sini.

Belum lagi gantungan kunci gajah sampai dengan produk lainnya juga bisa kamu dapatkan. Secara keseluruhan harga oleh oleh di Singgah Pay cukup murah. Bahkan ada harga grosir jika kamu membeli dengan jumlah tertentu. 

Lokasi Singgah Pay ada di Jl.Ikan Kakap, Pesawahan, Kec.Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung

Jam operasional: 07.30-21.00 WIB

Harga kisaran Rp25.000

7. Pasar Bambu Kuning – Oleh oleh Bandar Lampung

lampung.idntimes.com

Selanjutnya adalah rekomendasi tempat oleh oleh yang menyediakan banyak jenis. Pasar Bambu Kuning layaknya pasar biasa yakni menjual aneka ragam keperluan rumah tangga. Dari makanan seperti keripik sampai kain tapis dengan harga miring bisa kamu dapatkan di sini.

Hanya saja untuk mendapatkan harga miring di pasar Bambu Kuning memang harus pintar menawar harga. Belum lagi kamu juga harus berhati-hati karena cukup banyak pencopet di pasar ini. Keahlian yang harus kamu miliki adalah dari segi menawar harga dan berhati-hati.

Lokasi Pasar Bambu Kuning ada di Jl.Tanjung Karang Pusat, Kita Bandar Lampung

Jam operasional: Buka 24 jam

8. Sabay Market

lampung.tribunnews.com

Masih berdekatan dengan tempat membeli oleh oleh Bandar Lampung yang pertama Sabay Market jadi pilihan. Kamu bisa membeli oleh oleh berupa kaos sampai dengan sandal khas Lampung. Untuk makanan yang bisa dibeli ada kopi Lampung.

Kain tapis juga tersedia di sini dengan harga yang cukup terjangkau dan tentunya banyak keunggulan. Lokasinya mudah ditemukan meski bukan di dekat jalan raya atau area pintu tol.

Lokasi Sabay Market ada di Jl.Pagar Alam, Kedaton, Kec.Tj Karang Barat, Kota Bandar Lampung

Jam operasional: 07.00-22.00 WIB

Telepon: 0823-7213-2421

9. Aneka Sari Rasa – Oleh oleh Bandar Lampung

tokopedia.com

Nama toko oleh oleh Aneka Sari sudah cukup terkenal di Bandar Lampung. Lokasinya tidak jauh berbeda dengan manisan Yen Yen di Teluk. Makanan dan cemilan di Aneka Sari tidak hanya bis akamu nikmati sebagai oleh-oleh namun juga bisa untuk cemilan di jalan.

Keunggulan jika kamu membeli oleh-oleh di Aneka Sari adalah banyak durian dijual di sekitarnya. Silahkan membeli durian dengan harga yang lebih murah jika membeli dalam jumlah besar. Kamu juga bisa menikmati durian kupas di tempat.

Lokasi Aneka Sari Rasa ada di Jl.Ikan Kakap, No.26-28, Pesawahan, Kec.Teluk Betung, Kota Bandar Lampung

Jam operasional: 07.30-22.00 WIB

10. Toko Sam Bordir

lampung.tribunnews.com

Beralih kembali ke oleh oleh Bandar Lampung selain makanan, kamu bisa membeoi di Toko Sam Bordir. Jenis oleh-olehnya adalah kain atau pakaian khas Lampung. Bagi kamu yang ingin menikah dengan khas Lampung bisa membelinya di sini.

Harganya memang cukup mahal maka disarankan untuk membelikan keluarga inti saja. Namun, kamu akan merasakan kualitas dari harga mahal Toko Sam Bordir. Pelayanannya cepa dan pegawainya juga sangat ramah.

Lokasi Toko Sam Bordir ada di Jl.Imam Bonjol, No.24, Bambu Kuning, Kec.Tj Karang Pusat Kota Bandar Lampung. 

Jam operasional: 08.00-17.00 WIB

Telepon: 0857-9882-963

11. Pempek 123 Lampung

google.com

Meski pempek adalah makanan khas Palembang tapi di Lampung juga banyak yang menjualnya. Salah satu rekomendasi tempat pempek yang cocok untuk kamu singgahi adalah Pempek 123 Lampung. Banyak cabang dari pempek ini dan tentunya punya kualitas rasa nikmat.

Menikmati pempek lezat berikut dengan cukanya akan memberikan kenikmatan tersendiri. Aneka pempeknya juga beragam mulai dari pempek lenjer sampai dengan kapal selam. Kamu bisa mencicipnya di tempat jika ingin tahu rasanya.

Lokasi salah satu cabang Pempek 123 Lampung ada di Jl Jendral Sudirman, No.35-37, Rawa Laut, Enggal, Kota Bandar Lampung

Jam operasional : setiap hari 08.00-18.00 WIB

12. Yussy Akmal

yussyakmal.com

Rekomendasi oleh oleh Lampung yang satu ini sempat didatangi oleh artis Nikita Willy. Aneka kue khas Lampung tersedia di sini salah satunya adalah pie pisang. Harganya juga terjangkau sehingga banyak orang sengaja datang ke sini.

Konsep dari Yussy Akmal sendiri seperti toko kue pasar premium. Apabila ada acara yang membutuhkan snack box maka bisa membelinya di sini. Kue basah yang jadi favorit dan cepat habis adalah martabak daging. Kue ulang tahun juga tersedia di sini.

Lokasi Yussy Akmal ada di Jl.ZA Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kec.Kedaton, Kota Bandar Lampung

Jam operasional: 06.00-21.00 WIB

Telepon: (0721) 5610029

13. Toms

jalanjalanaisyah.net

Toms adalah nama toko oleh-oleh kekinian yang menyediakan aneka olahan pisang. Bahkan kamu juga bisa membeli keripik nangka dan sejenisnya dengan kemasan lebih modern. Harganya sangat ramah di kantong sehingga cocok untuk semua kalangan.

Anak muda disarankan untuk membeli oleh oleh di sini karena pelayanannya yang maksimal. Disarankan untuk membeli uang lebih untuk berjaga-jaga jika kalap.

Lokasi Toms ada di Jl.Raden Intan No.61, Enggal, Kec.Tj Karang Pusat, Kota Bandar Lampung

Jam operasional: 07.00-21.00 WIB

14. Ratmiku – Oleh oleh Bandar Lampung

lampung.tribunnews.com

Sebenarnya toko yang satu ini lebih cocok untuk wanita yang ingin beli oleh oleh lucu untuk rekannya. Di Ratmiku kamu bisa membeli aneka hiasan dan juga baju-baju murah. Jenis pernak-pernik yang disediakan bukan hanya banyak namun juga punya harga yang terjangkau.

Mayoritas yang datang ke Ratmiku adalah perempuan. Bahkan warga lokal juga sering mengunjungi tempat ini karena promo menarik yang ditawarkan. Berada di tengah kota dengan konsep menjual pernak pernik lucu membuat Ratmiku jadi salah satu lokasi pernak pernik favorit.

Lokasi Ratmiku ada di Jl.Kartino No.62, Palapa, Kec.Tanjung Karang Pusat, Kota Bandar Lampung.

Jam operasional: setiap hari pukul 09.30-21.00 WIB

15. Fitrinofane

bkppkutim.com

Terakhir kamu bisa membeli di Fitrinofane yakni salah satu swalayan yang ada di Bandar Lampung. Jenis oleh oleh Bandar Lampung yang bisa ditemukan di Fitrinofane ada banyak. Mulai dari makanan ringan sampai dengan pakaian.

Aneka keripik juga tersedia di dalamnya. Karena konsepnya adalah swalayan jadi kamu bisa membeli perabotan hingga buah-buahan di sini. Tenang saja karena harga makanan dan minuman di Fitrinofane cukup terjangkau sehingga sering kali ramai pengunjung.

Lokasi Fitrinofane ada di Jl.ZA Pagar Alam, No.103, Gedong Meneng, Kec.Kedaton, Bandar Lampung

Jam operasional: 08.00-21.00 WIB

https://www.youtube.com/watch?v=8rkhA48Pl6o&ab_channel=FriskaYeni
source : https://www.youtube.com/@TempatWisataHits

Jadi itulah dia rekomendasi oleh oleh Bandar Lampung dan tempat membelinya. Pastikan kamu membeli oleh oleh secukupnya saja karena seluruh tempat di atas sering membuat pembeli khilaf. Jangan sampai kamu mengunjung kota Bandar Lampung tanpa beli oleh oleh terbaik. 

Rio Handika

Test Test

Recent Posts

Club Malam Surabaya Terbaik untuk Pilihan Hiburan Malam

Kehidupan malam di Surabaya jarang dilewatkan oleh para pendatang dari luar kota. Alasannya karena hiburan…

2 days ago

Kelenteng Jakarta: Destinasi Wisata Religi yang Menyimpan Kisah Budaya Tionghoa

Kelenteng jakarta - Kelenteng atau kuil Tionghoa adalah tempat ibadah dan pusat budaya di Jakarta.…

4 days ago

Kopitiam Kelapa Gading: Tempat Santai dengan Rasa Tradisional di Tengah Kesibukan Kota

Kopitiam kelapa gading - Di tengah kesibukan Kota Jakarta, kami menemukan sebuah oasis. Tempat ini…

5 days ago

Kopitiam Sidoarjo: Dari Roti Bakar hingga Kopi O, Sajian Klasik yang Menggoda Selera

Kopitiam Sidoarjo - Di Sidoarjo, ada banyak kopitiam yang menawarkan pengalaman unik. Mereka menyajikan menu…

6 days ago

Kopitiam Surabaya: Tempat Nongkrong Klasik dengan Suasana Retro yang Asyik

Kopitiam Surabaya - di Surabaya menawarkan pengalaman nongkrong yang unik. Sebagai warisan budaya , terkenal…

1 week ago

Melukat Adalah Ritual Spiritual: Menyucikan Diri dari Energi Negatif dan Beban Hidup

Melukat adalah bagian dari upacara manusa yadnya dalam agama Hindu. Tujuannya adalah untuk membersihkan individu…

1 week ago